Blog

11 Pantangan Asam Urat dan Cara Pengobatan Yang Sembuh Total!

pantangan asam urat

Merasakan sakit dan nyeri pada persendian serta otot-otot dalam tubuh terkadang sangat mengganggu, terutama saat Anda sedang beraktivitas. Apakah Anda juga sering mengalami hal tersebut? Jika iya, berarti Anda sedang menderita salah satu gejala penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit peradangan yang disebabkan oleh konsentrasi asam urat yang tinggi dalam darah. Secara lebih detail, Penyakit Asam Urat merupakan sebuah penyakit sejenis arthritis. Yang terkadang sangat menyakitkan di beberapa area persendian maupun bagian-bagian lainnya. Terutama jari-jari kaki, lutut, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain memberikan rasa sakit, penyakit asam urat juga bisa membuat sendi bengkak, meradang, panas dan kaku. Beberapa penderita biasanya akan mengaitkan penyakit tersebut dengan beberapa pantangan asam urat.

Bacalah ulasan tentang asam urat berikut :

11 Pantangan Asam Urat Yang Tidak Boleh Anda Abaikan
5 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Bagus Dikonsumsi
Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Gaya Hidup Sehat
Obat Asam Urat Alami Tanpa Efek Samping
Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dengan Bioenergi Healing

Penyakit Asam Urat

pantangan asam uratPenyakit asam urat itu sendiri bisa terjadi pada siapa pun dan umur berapa saja. Tidak hanya orang yang sudah tua saja yang bisa terkena penyakit asam urat, begitu juga dengan Anda. Jika Anda pantangan asam urat tersebut berarti Anda telah mengabaikan kondisi kesehatan Anda sendiri. Mungkin saat ini Anda belum begitu terasa dengan bahaya asam urat. Akan tetapi, lihat sekeliling Anda. Sudah begitu banyak orang yang menderita berbagai gangguan dan penyakit. Karena awalnya hanya dari asam urat seperti rematik kronis, kelumpuhan, tulang keropos, dan penyakit kronis lainnya. Mengerikan, bukan?

Lalu jika Anda ingin menghindari beberapa pantangan asam urat tersebut, benarkah dapat membantu Anda? Lalu, apakah ada cara lain yang bisa mengatasi penyakit asam urat ini secara signifikan dan alami tanpa efek samping? Anda wajib membaca artikel pantangan asam urat lewat berikut.

11 Pantangan Asam Urat Yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Sebagian besar masyarakat percaya bahwa salah satu hal yang paling berpengaruh terkena penyakit asam urat adalah makanan yang dikonsumsi. Tidak jarang jika masyarakat atau Anda sendiri juga telah menyadari bahwa memang beberapa jenis makanan bisa memicu asam urat naik. Sehingga menimbulkan sakit dan nyeri yang luar biasa. Akan tetapi, Anda sendiri pasti sering mengabaikan pantangan asam urat, bukan? Sehingga asam urat Anda semakin lama semakin naik dan menimbulkan masalah-masalah lainnya.

Anda harus tahu jika kadar asam urat dalam tubuh harus berkisar pada jumlah normalnya. Yaitu anak-anak (2 – 5,5mg/dL), perempuan (2,4-6.0 mg / dL), dan laki-laki (3,4-7,0 mg/dL). Apabila kadar asam urat Anda melebihi batas tersebut, maka Anda akan terserang penyakit asam urat. Yang nantinya bisa membawa ke beberapa penyakit peradangan lainnya.

Lalu, bagaimana cara Anda mencegah atau mengatasinya? Di sini, kami akan menyajikan 11 pantangan asam urat yang tidak boleh Anda abaikan jika Anda tidak ingin menderita nyeri dan sakit setiap harinya.

1 – Minuman Beralkohol

pantangan asam ur

Minuman beralkohol terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Minuman ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Termasuk meningkatnya asam urat dan membuat penyakit tersebut semakin lama semakin memburuk. Hingga menyebabkan rematik, peradangan sendi dan tulang, dan lain sebagainya bahkan kelumpuhan. Karena hal tersebutlah, jika Anda merupakan penderita asam urat. Anda perlu hindari minuman beralkohol jika Anda benar-benar ingin sembuh.

2 – Makanan Tinggi Lemak

Apakah Anda pecinta makanan-makanan berlemak? Jika iya dan Anda merupakan penderita asam ruat. Maka ada baiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan berlemak. Karena makanan tersebut bisa menurunkan fungsi ginjal dalam pencernaan asam urat di pembuluh darah. Sehingga, menghindari makanan berlemak seperti keju, berbagai kue, daging, susu tinggi lemak, gorengan, dan makanan berlemak lainnya. Pantangan asam urat tersebut harus segera dikurangi bahkan dihentikan atau dikurangi. Karena untuk memperlancar kerja ginjal dan darah dalam mencerna dan menyalurkan sari-sari makanan.

Baca juga : Kenali Tanda Tanda Penyakit Ginjal dan Temukan Penyembuhannya Segera!

3 – Jeroan

Bagi sebagian orang, jeroan merupakan jenis lauk yang sangat lezat dengan berbagai pilihannya. Seperti hati, ampela, jantung, usus, babat, dan lain sebagainya. Namun, dibalik kelezatan tersebut terdapat kandungan purin yang tinggi. Yang bisa menjadi salah satu penyebab naiknya asam urat yang paling utama. Purin merupakan penyebab utama meningkatnya asam urat dalam tubuh. Semakin banyak kandungan purin yang dibawa oleh makanan dalam tubuh. Maka semakin parah asam urat pada diri Anda. Anda ingin terjadi seperti ini?

4 – Soft-Drink atau Minuman Kemasan

Saya yakin, Anda pasti salah satu pecinta minuman soft-drink. Karena minuman jenis ini sangat mudah dibawa ke manapun. Serta memiliki beberapa jenis dan rasa yang sangat cocok untuk menemani hari-hari Anda. Akan tetapi, jika Anda penderita penyakit asam urat, soft-drink menjadi salah satu pantangan asam urat yang harus Anda hindari. Hal tersebut karena rata-rata soft-drink mengandung lebih banyak glukosa dibandingkan dengan kandungan-kandungan lainnya. Glukosa itu sendiri menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gejala asam urat meningkat.

5 – Sayuran Yang Tinggi Zat Purin

Purin, mungkin bagi sebagian dari Anda masih sangat awam dengan istilah yang satu ini. Benar sekali, purin merupakan sejenis senyawa kimia yang sebenarnya diproduksi oleh tubuh Anda. Maupun didapat dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jika Anda merupakan penderita asam urat, maka Anda perlu memperhatikan konsumsi sayuran yang mengandung banyak purin. Seperti melinjo, kangkung, bayam, kembang kol, asparagus, jamur, buncis, kacang polong, dan lainnya. Selama ini di tengah masyarakat selalu beredar “ketika Anda terkena penyakit asam urat, jangan makan melinjo maupun daunnya”. Ternyata hal ini bukan mitos tapi fakta. Sayuran pantangan asam urat yang mengandung banyak purin tersebut akan lebih baik jika dihindari atau dibatasi sementara waktu.

6 – Buah-Buahan Pemicu Serangan Asam Urat

Anda bahkan berpikir bahwa seluruh buah-buahan akan memberikan kebaikan bagi tubuh Anda, bukan? Ternyata beberapa buah-buahan bisa menjadi pemicu kuat naiknya asam urat pada tubuh Ada. Adapun buah pantangan asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Yaitu seperti nangka, nanas, mangga, pisang, durian, rambutan, leci, dan pepaya. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut. Hanya saja Anda perlu menguranginya dan tidak mengolahnya menjadi jus buah dengan mencampurkan banyak gula.

7 – Diuretik dan Aspirin

Ternyata tidak hanya makanan dan minuman pantangan asam urat yang harus diwaspadai. Namun juga beberapa obat-obatan. Aspirin dan diuretik secara signifikan bisa meningkatkan risiko asam urat tinggi. Anda sebaiknya mengambil dosis yang rendah saja. Jika memang terpaksa melakukan pengobatan yang menggunakan aspirin maupun diuretik. Bahkan jika memungkinkan, Anda perlu memberhentikan pengobatan tersebut karena bisa meningkatkan kadar asam urat secara cepat.

8 – Makanan Kalengan (Sardines)

Sebagian besar makanan kalengan terutama sardines memiliki purin yang tinggi. Anda seharusnya menghindari jenis makanan yang satu ini. Walaupun makanan tersebut menjadi salah satu favorit Anda karena praktis dan murah. Makanan tersebut bisa memicu produksi purin yang berlebihan sehingga sangat berbahaya terhadap kondisi asam urat Anda.

9 – Protein Hewani

Apakah Anda salah satu yang berpikir bahwa protein hewani selalu memberikan manfaat yang positif bagi tubuh Anda? Karena beberapa makanan yang menghasilkan protein hewani justru sangat mudah memancing peningkatan asam urat dalam tubuh. Dan bisa memberikan efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jenis makanan tersebut seperti daging yang berlemak, daging ayam, daging bebek, daging angsa, jeroan. Selain itu juga ikan asin, telur, ikan teri, ikan sarden, ikan kembung, ikan tuna, lobster, dan kepiting. Dalam hal ini, Anda tidak berarti harus menghindarinya. Akan tetapi lebih mengontrol seberapa banyak protein hewani yang Anda konsumsi tiap harinya.

10 – Air Kelapa

Meminum air kelapa dingin di siang hari memanglah sangat nikmat dan segar, terutama saat Anda berada di pantai. Akan tetapi, jika Anda merupakan penderita dari asam urat, Anda harus berhati-hati. Karena air kelapa menjadi salah satu pantangan asam urat tersebut. Walaupun air kelapa bisa berfungsi sebagai penetralisir racun. Akan tetapi mengandung tinggi lemak sehingga Anda perlu mengurangi konsumsinya.

11 – Es Krim

Krim siapa yang bisa menampik lezatnya es? Bahkan Anda tidak akan rela jika harus membiarkannya meleleh, bukan? Akan tetapi, es Krim pada dasarnya mengandung kadar gula yang tinggi. Yaitu yang berasal dari campuran gula, susu, maupun campuran pemanis lainnya. Anda juga diharapkan bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk hasil maksimal.

Ke-11 pantangan asam urat tersebut terkadang sangat sulit untuk dihindari, bukan? Bahkan, sebagian besar daftar tersebut merupakan makanan atau minuman favorit Anda? Sebenarnya, Anda tidak perlu menghindari 100% untuk tidak mengonsumsi makanan maupun minuman tersebut. Hanya saja, Anda perlu membatasi konsumsinya demi kesehatan asam urat Anda.

5 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Bagus Dikonsumsi

pantangan asam urat

 

Jika di atas Anda sudah mengetahui pantangan yang harus dijauhi, maka kali ini kami menyuguhkan makanan untuk penderita asam urat. Ketika Anda mengalami gangguan asam urat, memang Anda akan merasakan kondisi yang sangat tidak nyaman. Berbagai jenis makanan seperti yang sudah tertera di atas juga wajib dikurangi. Sangat menyebalkan, bukan? Namun tenang saja, ada beberapa jenis makanan yang bagus bagi para penderita asam urat. Bahkan bisa membantu menyembuhkan asam urat Anda.

Sup Kari Wortel, Ubi Jalar, dan Jahe

Sayuran akar yang sudah dihaluskan merupakan jenis makanan yang sangat bagus bagi penderita asam urat.  Terutama, makanan ini juga bisa membantu untuk menghangatkan Anda di hari-hari musim dingin.

Wortel, ubi jalar, dan rempah-rempah adalah beberapa makanan dengan jumlah purin terendah. Untuk membuat sup ini lebih baik untuk menghindari asam urat, cobalah menggunakan kaldu sayur daripada kaldu ayam.

Salad Waldorf

Gunakan mayo rendah lemak dicampur dengan apel, anggur, cranberry kering, seledri, dan walnut. Bahan-bahan tersebut sangat bagus dikonsumsi sebagai salad chunky dengan rasa klasik. Selain itu, salad ini juga bisa membantu Anda mengekang lapar tengah malam.

Hidangan ini berupa satu porsi kacang dan buah rendah purin. Plus, apel, anggur, dan cranberry. Semuanya mengandung asam malat, yang dapat melawan asam urat yang memicu asam urat dalam tubuh Anda.

Sandwich Terong dan Keju Hangat

Terong dan tomat adalah makanan rendah purin. Yang menyatu dengan nikmat dengan keju kambing yang lembut. Anda bisa merasakan sandwich gurih sebagai pengganti menu makan siang Anda.

Susu Rendah Lemak

Makan produk susu rendah lemak, seperti yogurt rendah lemak, dapat mengurangi risiko terkena asam urat secara signifikan. Memasukkan lebih banyak produk susu dalam diet Anda terkait dengan penurunan risiko penyakit asam urat. Akan tetapi, pilihlah produk susu yang memang jelas rendah lemak. Agar tidak menyebabkan komplikasi terhadap penyakit lainnya.

Air Putih

Apapun penyakitnya, air putih menjadi pilihan tepat agar diri Anda lebih sehat. Begitu pula dengan air putih ini bisa membantu mengatasi asam urat. Meskipun ini bukan makanan secara teknis, Anda harus minum banyak air untuk membantu mencegah asam urat. Atau berbagai serangan asam urat yang membuat malam Anda sangat tidak nyaman. Tetap terhidrasi adalah hal yang penting. Karena dapat membantu mengeluarkan asam urat berlebih dan mencegah kristal asam urat terbentuk.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Gaya Hidup Sehat

pantangan asam urat

Jika Anda terkena asam urat, maka Anda wajib mendapatkan cara menyembuhkan asam urat tanpa obat. Mengapa? Karena jika tidak segera ditangani, asam urat bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Sangat menyakitkan jika Anda terbangun di larut oleh sendi yang lembut, bengkak, merah dan memancar panas. Karena ketidaknyamanan dan rasa sakit ini, Anda pun ingin segera bertindak cepat, bukan? Inilah yang dapat Anda lakukan ketika serangan asam urat mulai meringankan rasa sakit serangan dan mengurangi risiko orang lain.

Gunakan Es

Anda bisa mengaplikasikan kantong es ke sendi yang terasa sakit karena asam urat. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Bungkus satu pak (sekantung es yang sudah dihancurkan atau kacang polong beku) dengan kain. Kemudian usapkan atau tempelkan atau oleskan ke area tersebut selama 20 hingga 30 menit. Tentu saja, Anda juga harus melakukan dengan peregangan beberapa kali sehari.

Minum Banyak Cairan

Tetap terhidrasi membantu mengeluarkan asam urat (penyebab nyeri sendi). Selain itu juga mampu mencegah batu ginjal. Masalah lain terkait kadar asam urat tinggi. Anda perlu meminum air putih setidaknya hingga 16 cangkir cairan sehari. Atau setidaknya setengahnya.

Hindari Alkohol

Meskipun Anda tergoda untuk minum untuk bersantai ketika Anda kesakitan, penting untuk menghindari alkohol. Terutama bir yang mengandung kadar purin tinggi. Tubuh menciptakan asam urat ketika adanya atau berlebihnya memetabolisme purin. Selanjutnya, alkohol menghambat ekskresi asam urat dari tubuh Anda.

Tinggikan Langkah Kaki Anda

Ketika terkena asam urat, maka Anda berpikir bahwa Anda ingin menyerah bergerak. Akan tetapi yang sebenarnya harus dilakukan nadalah tetap melangkah. Melangkahkan kaki lebih sering akan membantu otot bekerja secara lebih baik,. Jikalau asam urat sedang menyerang, maka tapakkanlah kaki Anda di sebuah bantal. Dengan posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan posisi dada Anda. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak pada kaki Anda.

Buat Kaus Kaki Yang Ramah Asam Urat

Bagaimana cara membuat kaus kaki yang ramah untuk asam urat? Potong kaos kaki bagian jempol kaki. Dan bila perlu seluruh bagian jari perlu Anda hilangkan sebagian maupun sepenuhnya. Hal ini agak jari kaki Anda bisa lebih bebas dan mendapatkan udara yang lebih bebas. Selain itu, hal ini bisa membantu Anda terhindar dari rasa sakit.

Obat Asam Urat Alami Tanpa Efek Samping

pantangan asam urat

Adakah obat asam urat alami tanpa efek samping? Tentu saja ada. Beberapa herbal dan ramuan tradisional telah dipercaya untuk membantu mengatasi asam urat. Berikut beberapa di antaranya yang paling terbukti ampuh.

Ceri Atau Jus Ceri Tart

Ceri merupakan obat herbal rumahan yang sangat populer dan berpotensi sukses bagi banyak orang. Satu studi 2012 juga menyarankan jika ceri dapat berfungsi untuk mencegah serangan asam urat. Penelitian ini merekomendasikan tiga porsi bentuk ceri selama periode dua hari, yang dianggap paling efektif.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel digunakan untuk mengobati asam urat. Karena keasamannya meredakan nyeri akut yang berhubungan dengan asam urat dan jenis-jenis arthritis lainnya. Cuka meningkatkan alkalinitas tubuh dan memiliki sifat anti-peradangan. Beberapa individu juga menambahkan madu ke cuka sari apel karena sifat anti-radang madu.

Akar Jahe

Fungsi Akar jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan sebagai salah satu dari banyak perawatan berbeda untuk bantuan asam urat. Salah satu cara adalah dengan memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda saat memasak. Cara lain adalah dengan menambahkan setengah sendok teh jahe ke air mendidih. Dan kemudian minum campuran setelah didinginkan. Opsi ketiga adalah membuat pasta dengan menggabungkan akar jahe dengan air. Dan menerapkannya ke area yang terkena dan membiarkannya selama sekitar 30 menit. Ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan dan risiko jahe.

Seledri Atau Biji Seledri

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah kencing. Untuk asam urat, ekstrak dan biji sayuran telah menjadi pengobatan rumah yang populer. Seledri dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan karena asam urat. Jumlah seledri yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat pun tidak terlalu spesifik. Anda bisa mengonsumsinya secara mentah maupun dicampur dengan sayuran atau masakan lain sebagai bumbu.

Bubuk Soda Kue

Mirip dengan cuka sari apel, baking soda meningkatkan alkalinitas tubuh Anda. Pengguna bisa mengambil soda kue untuk menghilangkan nyeri encok. Yaitu dengan melarutkan ½ sendok teh soda kue dalam air dan minum beberapa gelas per hari. Soda kue menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh, yang mengarah ke pereda nyeri. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan / atau memonitor asupan garam Anda. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba metode perawatan ini.

Minyak Ikan

Pada dasarnya, Minyak ikan dapat menurunkan risiko asam urat. Karena salah satu manfaat kesehatan dari minyak ikan itu dikemas dengan asam lemak omega-3. Yaitu kandungan yang mengurangi penyebab penyakit peradangan dalam tubuh. Karena asam urat adalah bentuk artritis dan minyak ikan telah terbukti sebagai pengobatan yang efektif untuk arthritis.

Pisang

Anda mungkin memiliki obat asam urat ini tepat di meja dapur Anda. Tentu saja, pisang adalah salah satu pengobatan herbal untuk mengatasi asam urat. Siapa sangka, bukan? Tingginya kadar potasium dalam pisang mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi cair. Yang kemudian akan keluar tubuh melalui buang air kecil. Pisang juga mengandung vitamin C, yang mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Coba tambahkan satu atau dua pisang untuk asupan makanan harian Anda.

Jus Lemon

Jus lemon bisa gabungkan dengan baking soda untuk mengobati asam urat. Yaitu untuk menetralisir kelebihan asam urat dalam tubuh. Kebanyakan orang yang mencobanya biasanya mencampurkan jus lemon dengan baking soda kue tersebut. Setelah berhenti mendidih, minum campuran segera. Mengonsumsi kombo ini beberapa kali sepanjang hari membantu meminimalkan nyeri asam urat. Vitamin C ari jus lemon dianggap membantu untuk mengatasi asam urat serta mengurangi peradangan.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dengan Bioenergi Healing

pantangan asam urat

Faktanya, Anda masih membutuhkan pengobatan atau penyembuhan untuk penyakit asam urat tersebut, bukan? Jika Anda ingin menghindari pengobatan secara medis yang biasanya memberikan efek samping dan racun bagi tubuh. Anda saatnya mencoba penyembuhan Bioenergi atau yang sering disebut dengan istilah Bioenergi Healing yang mana dilakukan secara alami.

Puluhan ribu orang sudah membuktikan khasiat penyembuhan bioenergi untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahkan penyakit kronis yang dideritanya. Adapun beberapa contoh penyakit yang bisa disembuhkan adalah:jantung, ginjal, kolesterol, liver, hepatitis, dan berbagai penyakit lainnya.

Anda masih ragu? Buktikan keampuhan penyembuhan Bioenergi tersebut dengan mengikuti program pelatihan. Serta Anda juga bisa konsultasi ke pada master Bioenergi yang sudah ahli di bidangnya. Anda akan dituntun, diarahkan, dan dibantu untuk mendapatkan kesembuhan dari berbagai penyakit yang sedang Anda alami saat ini. Dalam penyembuhan Bioenergi, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Yang bisa Anda rasakan secara alami dan benar-benar terbukti baik secara fisik, psikis, pikiran, mental, dan spiritual.

Jadi, Anda ingin sungguh-sungguh menginginkan suatu kesembuhan yang holistis pada asam urat? Segera ikuti penyembuhan Bioenergi untuk menyempurnakan usaha Anda. Bioenegri Healing ini tidak hanya tentang berbagai cara mengatasi pantangan asam urat tetapi menyembuhkan secara total. Dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa, penyembuhan Bioenergi tersebut bisa segera menetralkan asam urat Anda. Tentunya dengan lebih cepat, lebih alami tanpa efek samping. Segera kunjungi Bioenergi Center untuk mendapatkan segala manfaat Bioenergi Healing yang total.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Urat dengan Cepat, Alami, dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *