Bohong Adalah Penyakit Spiritual Yang Merusak Dan Harus Diatasi

Bohong Adalah Penyakit Spiritual

Bohong adalah penyakit spiritual yang paling tua dalam sejarah kemanusiaan. Penyakit ini pertama kali dilakukan oleh iblis kepada manusia pertama, Adam dan Hawa di surga. Bohong sangat berbahaya karena telah merusak fondasi yang paling dasar dalam hidup ini, yakni kebenaran. Bohong adalah penyakit yang paling serius yang menjauhkan kita dari kebahagiaan. Jika bohong adalah penyakit spiritual maka setiap penyakit pasti ada obatnya, adapun obat penyakit spiritual adalah dengan terapi dengan memanfaatkan Energi Spiritual.

Manusia diciptakan Tuhan dengan keberpihakan terhadap kebenaran yang terpatri dalam dirinya. Ketika manusia berbohong, maka sekonyong-konyong seluruh tubuhnya memberontak. Dalam hal ada penyebab yang mendorong pikiran manusia untuk melakukan kebohongan. Yaitu energinegatif yang menjadikan seseorang bisa tergerak hati dan pikirannya keluar dari fitrah kehidupannya.

Sementara itu berdasarkan sains dan psikologi, terdapat beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk berbohong. Dari berbagai kasus, kebanyakan manusia berbohong sebanyak 1,65 kali per hari ketika diambil rata-ratanya, baik dalam bentuk kebohongan besar atau kecil. Padahal yang namanya kebohongan tidak melihat kecil atau besarnya pasti merusak kehidupan. Karena itu penyakit bohong harus bisa diatasi. Namun untuk mengatasinya harus didasari kesadaran diri dan keseriusan untuk mengatasi penyakit spiritual ini.

Berikut merupakan alasan di balik kebohongan seseorang seperti dilansir dari cnnindonesia.com. sebagai berikut:

Bohong Adalah Penyakit Spiritual

1. Melindungi diri

Praktisi psikolog Elizabeth T. Santosa menjelaskan seseorang biasanya berbohong sebagai bentuk perlindungan diri untuk menghindari masalah.

“Manusia biasa berbohong untuk menghindari masalah. Ini bentuk perlindungan diri atau self defence saat merasa terancam. ‘Daripada jujur, mending bohong’, misalnya seperti itu,”

Penjelasan Elizabeth ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan psikolog Bella DePaolo, seperti dilaporkan Psychology Today. DePaolo menanyai 147 partisipan untuk membuat diari mengenai kebohongan mereka selama satu pekan. Hasilnya, dia menemukan rata-rata seseorang berbohong satu atau dua kali dalam sehari dan itu dilakukan untuk melindungi diri dalam menyembunyikan kekurangan atau lari dari masalah.

2. Melindungi orang lain

Dusta juga dilakukan dalam rangka untuk melindungi orang lain. Misalnya, saat orang lain bertanya apakah dia terlihat cantik atau gendut. Kebanyakan orang akan berbohong menjawab pertanyaan itu untuk menyenangkan hati orang lain.

Dikutip dari Southern Living, seseorang memilih melakukan ‘kebohongan baik; untuk membuat orang lain terlihat baik, terhindar dari rasa malu, hukuman, atau perasaan terluka.

3. Memperoleh kekuasaan

Berbohong dianggap sebagai salah satu cara mudah untuk mendapatkan kekuasan dibandingkan cara lain.

“Jauh lebih mudah berbohong untuk mendapatkan uang atau kekayaan daripada memukul kepala atau merampok bank,” kata ahli etika dari Harvard University Sissela Bok kepada National Geographic.

Para peneliti percaya kebohongan dilakukan untuk memanipulasi orang lain demi mendapatkan yang diinginkan tanpa memerlukan kekerasan.

*******

Sementara dalam liputan6.com, dikatakan bahwa kebohongan yang dilakukan dengan alasan apa pun ialah berbohong ternyata berpengaruh pada otak Anda.

Menurut Arthur Markman, PhD, saat Anda berbohong, pada saat itu juga tubuh melepaskan kortisol, hormon steroid, pada otak. Hal ini akan menyebabkan otak seseorang pada beberapa saat kemudian akan bekerja keras mengingat mana yang kebohongan dan mana yang kebenaran.

Proses dalam memutuskan kedua hal tersebut bisa berlangsung selama 10 menit, dan akan membuat seseorang marah karena bingung menentukan mana yang benar dan tidak.

Kemarahan akan berlanjut pada kegelisahan seseorang tentang kebohongan yang dilakukan dan juga ketakutan bila ketahuan berbohong. Saat itulah seseorang mulai mencoba berbuat baik pada orang lain untuk menutupi kebohongannya, atau justru menyalahkan orang lain karena kebohongan yang orang tersebut lakukan.

Bila kebohongan berlanjut, lama kelamaan seseorang akan mulai percaya akan kebohongan yang ia buat sendiri, atau terus merasa bersalah dan akhirnya membuat seseorang susah tidur. Apalagi setiap kebohongan harus ditutup dengan kebohongan berikutnya.

Kebohongan adalah penyakit yang harus di sembuhkan

Begitu besar pengaruh sebuah kebohongan bagi kehidupanmanusia. Oleh karena itu kebohongan harus diatasi dengan terus membersihkan hati dan pikiran dari energi negatif yang memicu pikiran untuk berbohong. Meski seseorang punya alasan kuat untuk berbohong sebaiknya kebohongan bagaimanapun bentuknya wajib dihindari.Pasti ini tidakmudah, namun bila menyembuhkan penyakit bohong bisa dilakukan kenapa tidak?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan membersihkan diri Anda dari energi negatif. Dan dengan bersihnya hati dan pikiran ini akan membuat kita bisa menyadari hakekat hidup yang sesunguhhnya, sehingga kita bisa menamnamkan sikap positif dan membuat perubahan.

Karena bohong adalah penyakit spiritual maka Anda harus bisamemanfaatkan energi spiritual Anda untuk mengatasi kebohongan tersebut. Untuk bisa mengetahui apa itu  energi spiritual, bagaimana mengelola dan memanfaatkannya Anda bisa belajar dalam program Pelatihan Bioenergi Healing. Program pelatihan yang bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas energi spiritual sehingga mampu mengatasi penyakit bohong dari dalam diri kita. Karena dengan memiliki pemahaman Energi spiritual seperti Bioenergi Anda akan mampu memunculkan kesadaran diri Anda secara penuh sehingga Mampu meraih berbagai kebaikan hidup dan meningkatkan kualitas hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB