Blog

Cara Mengatasi Depresi Berat dengan Alami, Ampuh, dan Berkelanjutan

Cara Mengatasi Depresi Berat

Depresi adalah gangguan terjadinya kesedihan yang berlebihan, kehilangan minat pada hal-hal yang menyenangkan, dan motivasi rendah. Adalah normal untuk mengalami perasaan sedih dan putus asa dalam menanggapi peristiwa kehidupan yang tidak sesuai harapan. Akan tetapi, ketika Anda tidak siap, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan depresi. Beberapa orang mungkin sudah paham cara mengatasi depresi berat. Sehingga depresi yang mereka alami tidak berkepanjangan dan langsung bisa mengontrolnya. Akan tetapi bagi sebagian besar orang, sulit untuk mengendalikan depresi.

Depresi, biasanya dibarengi dengan perasaan cemas, khawatir, stres, dan waswas yang terkadang berlebihan. Peristiwa yang mungkin bisa mempengaruhinya seperti halnya kehilangan, perubahan besar dalam hidup, stres, atau kekecewaan. Depresi pada faktanya sering terjadi pada tiap individu. Satu dari tiga orang akan mengalami episode depresi besar pada tahap tertentu dalam hidup mereka. Sementara kebanyakan kasus depresi ringan. Hanya sekitar satu dari sepuluh orang akan mengalami episode sedang atau berat.

Bacalah artikel terkait depresi berikut ini

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Depresi
9 Cara Menyembuhkan Depresi Pada Diri Sendiri
5 Cara Menyembuhkan Depresi Secara Alami
3 Langkah Utama Mengatasi Depresi Berkepanjangan
Cara Mengatasi Depresi Berat Secara Holistik Dengan Bioenergi Healing

Cara Mengatasi Depresi Berat

Lalu, apakah Anda satu di antara sepuluh orang yang berurusan dengan depresi berat tersebut? Jika iya, Anda tidak harus mengatasinya sendirian. Pelajari cara mengatasi depresi berat di sini. Ana bisa mengetahui lebih dalam bagaimana cara menghilangkan atau menyembuhkan depresi dengan cara yang efektif. Serta, bisa membuat Anda mengontrol diri Anda sehingga tidak akan mengalami depresi lagi.

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Depresi Pada Umumnya

Merasa rendah atau tidak semangat dari waktu ke waktu adalah bagian normal dari kehidupan. Tetapi ketika emosi seperti kecemasan dan keputusasaan menguasai dan tak terkendali, Anda mungkin mengalami depresi. Depresi akan membuat Anda sulit menikmati hidup Anda pada normalnya. Hanya mencoba untuk melewati hari itu saja sudah bisa menjadi hal yang luar biasa. Tetapi tidak peduli betapa putus asa yang Anda rasakan, Anda bisa menjadi lebih baik. Dengan memahami penyebab depresi Anda dan mengenali berbagai gejala dan jenis depresi.

Cara Mengatasi Depresi Berat

Sementara beberapa penyakit memiliki penyebab medis tertentu, dan terkadang membuat depresi lebih rumit. Depresi bukan hanya hasil ketidakseimbangan kimia di otak yang bisa disembuhkan dengan obat-obatan. Ini disebabkan oleh kombinasi faktor biologis, psikologis, dan sosial. Dengan kata lain, pilihan gaya hidup Anda, hubungan, dan keterampilan mengatasi sama pentingnya.

Faktor risiko yang membuat Anda lebih rentan terhadap depresi meliputi:

  • Kesendirian dan isolasi
  • Kurangnya dukungan sosial
  • Pengalaman hidup yang penuh tekanan baru-baru ini
  • Riwayat keluarga depresi
  • Masalah pernikahan atau hubungan
  • Stres keuangan
  • Trauma atau pelecehan anak usia dini
  • Penyalahgunaan alkohol atau narkoba
  • Pengangguran atau setengah pengangguran
  • Masalah kesehatan atau sakit kronis
  • Dan berbagai masalah atau guncangan lainnya

Memahami penyebab depresi Anda dapat membantu Anda mengatasi masalah. Misalnya, jika Anda depresi karena pekerjaan buntu, perawatan terbaik mungkin menemukan karier yang lebih memuaskan daripada hanya mengambil antidepresan. Jika Anda baru di suatu daerah dan merasa kesepian dan sedih, Anda perlu menemukan teman baru. Yang tentunya akan memberi Anda lebih banyak dorongan suasana hati daripada pergi ke terapi. Dan masih banyak cara lainnya yang bisa membuat Anda menikmati hidup Anda. Dalam kasus seperti itu, depresi diperbaiki dengan mengubah situasi, bukan dengan antidepresan.

9 Cara Menyembuhkan Depresi Pada Diri Sendiri

Cara Mengatasi Depresi Berat

Jika Anda hidup dengan depresi, maka ada kesempatan bagi Anda untuk sembuh oleh diri sendiri. Dalam hal ini, Anda wajib tahu terlebih dahulu cara menyembuhkan depresi pada diri sendiri. Beberapa cara berikut perlu Anda lakukan.

1. Identifikasi Setiap Kondisi yang Mendasari

Saya berani mengatakan bahwa kebanyakan orang dengan depresi yang resistan terhadap pengobatan juga menderita kondisi yang tidak terdiagnosis. Mungkin Anda juga demikian. Sebenarnya, ada berbagai kondisi yang bisa memicu terjadinya depresi. Dan bahkan sebagian hal tersebut merupakan kondisi yang wajar. Akan tetapi, karena ketidaksanggupan diri untuk mengatasi atau mengendalikan, maka akan terkena depresi. Dalam hal ini, Anda perlu mempelajari sebenarnya apa faktor yang mendasari Anda hingga depresi. Beberapa kondisi mungkin mendasari depresi Anda. Seperti masalah keluarga, hubungan, keuangan, pekerjaan, sekolah, ujian, dan lain sebaginya.

2. Hilangkan Pemicu Inflamasi

Makanan dan zat tertentu menciptakan peradangan di tubuh kita, termasuk di otak kita, yang mengarah ke depresi. Para pemicu inflamasi atau peradangan yang biasa adalah gula, gluten, susu, kafein, dan alkohol. Beberapa orang mungkin memiliki reaksi yang lebih dramatis terhadap produk susu. Sedangkan yang lain mungkin lebih dipengaruhi oleh gluten. Ada gunanya memeriksa asupan dan konsumsi Anda setiap harinya untuk menguji kembali. Sehingga Anda bisa mengenali dan melihat berbagai pemicu inflamasi yang  perlu Anda hindari atau kurangi. Karena, jika terus menerus diterima setiap hari maka bisa menyebabkan inflamasi yang semakin berat.

3. Go Green

Dalam hal ini penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayuran hijau gelap. Seperti bayam, Swiss chard, dan kale bakar. Jenis makanan tersebut adalah pusat nutrisi, dengan vitamin A, C, E, K, dan folat. Serta berbagai mineral seperti zat besi dan kalsium; karotenoid; serat; antioksidan; omega-3; dan phytochemical. Mereka juga merupakan sumber utama klorofil untuk menyembuhkan dan membersihkan semua organ tubuh. Bahkan bisa menghancurkan banyak gangguan atau sumber penyakit seperti bakteri patogen, jamur, sel kanker, dan banyak lainnya.

4. Sembuhkan Usus Anda

Tahukah Anda jika tertanam di dalam dinding usus kita adalah sistem saraf enterik yang rumit. Terdiri dari sekitar 100 juta neuron yang sering disebut sebagai otak kedua kita. Bahkan, sel-sel saraf di usus memproduksi 80 hingga 90 persen serotonin tubuh kita. Ada juga kumpulan bakteri yang kompleks yang hidup di dalam usus. Sehingga sejumlah besar penelitian mengatakan dampak suasana hati kita. Ini menarik bagi orang-orang yang selalu menderita masalah pencernaan dan belum pernah menghubungkan titik-titik tersebut. Pada dasarnya, ada cara mengatasi depresi berat., Yaitu salah satunya dengan menguraikan dan melakukan pembersihan usus. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu mengonsumsi  makanan prebiotik. Seperti bawang putih, bawang, artichoke, daun bawang, dan sayuran dandelion. Serta makanan probiotik, seperti yoghurt budaya aktif, kefir, acar.

5. Lakukan Yoga

Setiap jenis tindakan, latihan, atau olahraga akan mengangkat atau mempengaruhi suasana hati Anda, bukan? Karenanya, cara mengatasi depresi berat adalah dengan meningkatkan tingkat dopamin otak dan menyediakan endorfin. Akan tetapi, tidak semua olah raga bagus. Dalam hal ini, Yoga menjadi salah satu yang paling baik. Yoga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sangat penting untuk pemeliharaan homeostasis. Serta mengatur respons imun, gula darah, dan fungsi sistem saraf pusat. Beberapa penelitian mengilustrasikan bagaimana yoga menjinakkan respons stres dengan cara mencocokkan sistem saraf parasimpatis. Dan oleh karena itu merupakan terapi yang efektif untuk depresi dan kecemasan.

6. Kurangi Stres

Depresi pada akhirnya merupakan gangguan stres. Sebuah penyakit di mana stres tidak dikelola dengan baik oleh tubuh. Seolah-olah banyak dari kita yang mengalami depresi dan kecemasan di pusat komando sistem saraf Anda. Dan dia terus mengategorikan respons stres dengan salah, mengirimnya ke bagian yang salah di tubuh Anda. Dengan memunculkan respons relaksasi, kita dapat segera mengubah ekspresi gen kita yang terkait dengan peradangan, metabolisme, dan produksi insulin. Yang semuanya memengaruhi suasana hati kita. Anda bisa memulai melibatkan sistem saraf parasimpatis dengan praktek seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, pijat, dan doa. Bahkan beberapa tarikan napas panjang ketika Anda mulai merasa panik dapat mengirim pesan ke pada otak untuk lebih rileks. Dalam hal ini, mengendalikan tingkat stres sangat dianjurkan. Karena bisa mengurangi risiko stres berkelanjutan yang bisa menyebabkan depresi.

7. Ambil Suplemen yang Tepat

Apakah Anda sudah pernah mengonsumsi suplemen khusus untuk membantu mengatasi depresi? Tentu saja Anda wajib mengupayakan satu hal yang paling berkualitas dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dalam hal ini, Anda mungkin harus mengkonsultasikan kepada dokter terkait suplemen apa yang perlu Anda ambil.

8. Jagalah Tidur Berkualitas

Dari semua penelitian tentang gangguan suasana hati selama sepuluh tahun terakhir, depresi kronis terjadi karena gangguan tidur. Siklus tidur yang terganggu dan stres adalah dua faktor terbesar yang membuat Anda semakin terpuruk dalam depresi. Sayangnya, di mana ada depresi, biasanya ada masalah tidur. Efek buruk tidur bisa menyebabkan atau berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional. Karenanya, jagalah dan lindungi siklus tidur malam Anda. Anda perlu mendapatkan kualitas tidur malam yang baik untuk menseimbangkan hidup Anda kembali.

9. Temukan Tujuan Anda Sesungguhnya

Jika Anda memiliki berbagai harapan, keinginan, dan alasan untuk hal tertentu, ini bisa menjadi pemicu terjadinya depresi. Karena terkadang Anda hanya fokus pada tujuan hidup Anda. Akan tetapi Anda mengalami berbagai kendala dan cara untuk merealisasikannya. Dalam hal inilah Anda perlu menemukan tujuan Anda sesungguhnya. Jika seseorang telah menemukan tujuan dalam hidup, Anda dapat tumbuh dengan baik dan tenang. Karenanya, mulailah untuk mengetahui tujuan hidup Anda dan berusaha meraihnya. Ajaklah partner Anda untuk membantu Anda jika merasakan kesulitan.

5 Cara Menyembuhkan Depresi Secara Alami

cara mengatasi depresi berat

Jika Anda mengalami depresi tetapi tidak ingin menggunakan obat untuk mengatasinya, maka ada cara menyembuhkan depresi secara alami. Beberapa solusi alami yang digunakan untuk mengobati depresi telah menunjukkan bahwa mereka mungkin sama baiknya dengan terapi antidepresan tradisional. Depresi bukanlah penyakit yang harus diatasi dengan obat-obatan kimia. Akan tetapi, pendekatan secara pribadi dan perubahan gaya hidup serta kondisi psikis jauh lebih penting. Dengan konsumsi obat-obatan kimia justru ada kemungkinan menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Karenanya, berikut kami sampaikan beberapa cara mengatasi depresi berat secara alami.

1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak sehat yang ditemukan pada ikan seperti salmon, trout, dan sarden. Mereka tersedia dalam bentuk suplemen dan kadang-kadang disebut kapsul minyak ikan. Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang dengan suplemen minyak ikan tingkat rendah mungkin memiliki peningkatan risiko depresi. Karenanya, sangat ideal bagi Anda untuk mendapatkan rasio DHA yang lebih tinggi terhadap EPA, yang merupakan jenis asam lemak omega-3.

Selain mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan asam lemak omega-3, Anda juga dapat meningkatkan jumlah ikan yang Anda makan. Makan ikan tiga kali seminggu dapat meningkatkan asam lemak omega-3 Anda tanpa bantuan suplemen.

Anda perlu ingat bahwa beberapa ikan mungkin memiliki tingkat merkuri yang tinggi. Ini termasuk ikan todak, tilefish, king mackerel, dan hiu. Dalam hal ini, Anda perlu menghindari konsumsi ikan dengan tingkat merkuri yang tinggi tersebut.

2. St John’s Wort

St John’s wort adalah tanaman yang berasal dari Eropa, Asia Barat, dan Afrika bagian utara. Orang-orang Eropa umumnya mengambil St. John’s Wort sebagai cara untuk mengobati depresi. St John’s Wort telah dikaitkan dengan peningkatan jumlah serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah zat kimia yang bagus di otak. Jika seseorang dengan zat serotonin yang rendah maka akan mudah mengalami depresi.

Menurut National Institutes of Health (NIH), St John’s wort dapat membantu mengatasi depresi ringan hingga sedang sebagai antidepresan. Namun menghasilkan lebih sedikit efek samping. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa St John’s wort dikenal berinteraksi dengan banyak obat-obatan. Seperti halnya obat pengencer darah, pil KB, dan obat kemoterapi. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil herbal ini.

3. Magnesium

Anda mungkin telah menyadari bahwa kekurangan magnesium bisa menjadi pemicu terkena depresi dengan lebih mudah. Magnesium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berkontraksi dan mengendurkan otot. Selain itu juga menghasilkan protein dan energi. Sebenarnya, magnesium bisa didapatkan dari berbagai makanan yang mudah Anda temukan dalam keseharian. Dengan tercukupinya kandungan magnesium pada tubuh, dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Beberapa bahan makanan yang tinggi akan magnesium adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Seperti halnya labu, bunga matahari, biji wijen, almond dan kacang mete  adalah pilihan yang baik. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang navy, kacang kedelai. Adapun jenis sayuran hijau gelap yang kaya magnesium adalah bayam, kale, lobak Swiss, dan collard hijau.

4. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah ramuan yang telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi selama ribuan tahun, termasuk beberapa jenis depresi. Beberapa kemampuannya adalah untuk mengurangi gejala PMS, penyakit ketinggian, kemoterapi yang diinduksi oleh end-organ dan gejala depresi.

Ginkgo biloba efektif dalam mengurangi depresi ringan pada orang tua. Herbal ini mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh dan efek penuaan. Radikal bebas dapat berakibat buruk pada reseptor serotonin di otak kita saat kita menua. Sehingga membuat lansia berisiko lebih tinggi untuk depresi. Ginkgo biloba dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan sintesis protein . Dan  kombinasi yang dapat meringankan gejala depresi pada beberapa orang.

5. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika Anda selama ini hanya menganggap bahwa vitamin C hanya baik untuk flu, maka Anda kurang tepat. Faktanya, Vitamin C itu membantu melindungi kita dari kanker, stroke dan penyakit kardiovaskular. Dan juga bermanfaat bagi kesehatan mata kita serta meningkatkan sistem kekebalan kita.

Bukan hanya itu saja, ternyata Vitamin C juga dapat meringankan gejala depresi. Anda perlu tahu bahwa vitamin C ini berperan dalam bagaimana tubuh kita menyintesis neurotransmitter norepinefrin. Yaitu zat kimia otak yang memengaruhi suasana hati kita. Karena vitamin C tidak diproduksi oleh atau disimpan di dalam tubuh, penting untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda. Caranya juga mudah yaitu dengan menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda. Anda bisa mengombinasikan konsumsi buah jeruk, stroberi, melon, nanas, buah beri, paprika, tomat dan tanaman gelap hijau.

3 Langkah Utama Mengatasi Depresi Berkepanjangan

 

Cara Mengatasi Depresi Berat

Depresi berkepanjangan bisa termasuk ke dalam depresi kronis. Karenanya, Anda memerlukan cara mengatasi depresi berat secara utuh dan berkelanjutan. Para psikoterapi mungkin melihat lebih banyak kasus depresi daripada apa pun dalam praktek mereka. Tetapi tetap menjadi salah satu kondisi yang paling menantang untuk dinilai dan ditangani secara akurat. Tidak diragukan lagi bahwa “depresi” adalah kategori diagnostik yang luas dan tidak terdefinisi dengan baik. Hal ini mencakup berbagai gejala yang menakutkan, termasuk kelesuan kognitif dan fisik, mental, kehilangan konsentrasi. Selain itu, negativitas kronis dan pesimisme, perasaan tidak berharga, dan kesedihan yang tak henti-hentinya juga menjadi gejala depresi berkepanjangan.

Selanjutnya, gejala itu sendiri dapat menghalangi respons terhadap pengobatan. Kelesuan, keputusasaan, pola pikir negatif, dan suasana negatif akan mengganggu intervensi untuk pengobatannya. Karena hal itulah, penyembuhan depresi yang berkepanjangan tidak hanya dilakukan fokus pada pengobatan. Akan tetapi bagaimana agar Anda mampu keluar dari lingkaran depresi dan mengendalikan diri Anda.

Lakukan Terapi

Karena sifat depresi berkepanjangan, pengobatan non-obat adalah cara ideal mengatasi depresi berkepanjangan. Banyak tipe psikoterapi yang bisa Anda dipertimbangkan. Dan sementara  itu, para terapis harus tetap bersabar. Karena, tujuan jangka pendek dan panjang harus ditetapkan untuk meningkatkan fungsi sehari-hari. Terapi kognitif, terapi interpersonal, dan terapi yang berfokus pada solusi dapat dicoba. Dan yang terpenting adalah terapi atau dukungan dari keluarga, pasangan dan terapi kelompok.

Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup meliputi pola diet dan hidup Anda sehari-hari. Anda harus mempertimbangkan asupan yang Anda konsumsi. Suplemen makanan yang dapat membantu adalah seperti vitamin B, kalium, dan zinc. Tentu saja, diet seimbang yang sehat selalu merupakan ide yang baik. Karena hal tersebut mampu membuat tampilan makanan dan bau yang menarik. sehingga dapat mendorong nafsu makan yang tertekan.

Anda juga perlu mengurangi, atau menghindari, kafein, alkohol dan nikotin. Langkah tersebut sangatlah tepat dan benar karena mereka memiliki pengaruh pada kesejahteraan fisik dan mental. Anda mungkin bisa mencari bantuan profesional jika perlu. Dalam cara mengatasi depresi berat ini, Anda wajib yakin pada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa.

Olahraga teratur penting untuk semua orang Tetapi dapat sangat bermanfaat bagi orang dengan menderita depresi berkepanjangan. Berolahraga bisa membantu Anda mendorong melepaskan zat kimia ‘happy’ yang disebut endorphins dan meningkatkan harga diri. Ini juga akan membantu melawan makan berlebihan dan mempromosikan tidur yang nyenyak.

Dukungan Sosial

Bagi banyak orang, dukungan teman dan keluarga sangat berharga dalam belajar untuk mengatasi depresi berkepanjangan. Meskipun demikian, bantuan dan dukungan dari orang asing atau lingkungan sosial lainnya terkadang dapat lebih mudah diterima. Kelompok dukungan berbasis komunitas biasanya membantu banyak orang untuk sharing perasaan mereka, menemukan persahabatan, dan mengembangkan keterampilan dan cara mengatasi depresi berat. And bisa bergabung dengan kelompok tersebut, bersama dengan psikoterapi, secara substansial dapat meningkatkan kemungkinan pemulihan.

Pemulihan penuh dari depresi berkepanjangan biasanya lambat dan tidak dijamin kesembuhan totalnya. Akan tetapi, sekitar 70 persen pasien pulih setelah empat tahun. Dari jumlah ini, 50 persen kemungkinan akan kambuh suatu saat nanti. Sehingga hal yang paling masuk akal adalah dengan upaya selalu melanjutkan langkah-langkah sukses untuk pemulihan.

Cara Mengatasi Depresi Berat Secara Holistik Dengan Bioenergi Healing

Cara Mengatasi Depresi Berat

Apakah Anda sedang mencari cara mengatasi depresi berat secara holistik, paling ampuh, dan terbukti? Jika Anda iya, ada baiknya untuk mencoba perawatan holistis dengan Bioenergi Healing. Seperti yang  Anda ketahui bahwa depresi merupakan sebuah penyakit atau gangguan kesehatan. Terutama pada psikis, pikiran, dan mental serta spiritual seseorang. Faktanya, kondisi tersebut banyak terjadi pada masyarakat kita saat ini. Beberapa faktornya: perekonomian, pekerjaan, masalah keluarga maupun hubungan dengan pacar atau teman, kehilangan, pembulian, kegagalan, trauma, maupun faktor lainnya.

Penyembuhan Bioenergi adalah teknik penyembuhan dengan memanfaatkan Bioenergi yang sangat cerdas. Bioenergi itu sendiri telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan selalu mengalir di tiap struktur anatomi seluruh makhluk di alam ini sampai ke sel-sel pada manusia. Penyembuhan Bioenergi ini terbukti dapat memperlancar sistem sirkulasi energi dalam tubuh Anda. Yaitu untuk mengembalikan atau menetralkan kembali energi negatif yang ada di tubuh, otak dan hati Anda. Dengan kuasa dan kehendak dari Tuhan, Bioenergi bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan Anda secara holistik. Dan tentunya secara berkelanjutan agar energi yang terdampak depresi akan kembali seimbang.

Untuk lebih jelas dan detail bagaimana proses penyembuhan Bioenergi, Anda bisa menghubungi Bioenergi Center. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti program Bioenergi Healing Adjustment yang langsung dipandu oleh Master Bioenergi. Tentu saja dia adalah orang yang memang benar-benar sudah kompetensi di bidangnya. Karenanya, segera kunjungi halaman Bioenergi Healing untuk segera mendapatkan apa yang Anda harapkan. Semoga cara mengatasi depresi berat ini bisa memberikan manfaat dan jalan keluar bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *