Blog

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Tanpa Obat Medis

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tertidur atau terlelap di malam hari. Sehingga menghasilkan tidur yang tidak menyegarkan dan menimbulkan berbagai masalah. Tidak hanya membuat tubuh Anda merasa lelah namun bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit. Seperti halnya risiko stres dan depresi yang tinggi, obesitas, pelupa, dan bahkan penurunan libido. Dengan demikian, Anda tidak bisa membiarkan insomnia begitu saja, bukan? Karenanya, berbagai cara mengatasi insomnia dengan cepat pun sangat dibutuhkan.

Insomnia itu sendiri didefinisikan dengan kualitas tidur Anda dan bagaimana perasaan Anda setelah tidur. Sebenarnya bukan berdasarkan jumlah jam tidur Anda atau seberapa cepat Anda tertidur. Bahkan jika Anda tidur delapan jam semalam namun tetap merasa mengantuk dan lelah di siang hari, Anda mungkin mengalami insomnia. Gangguan insomnia bisa terjadi pada siapa saja. Tidak butuh waktu lama ketika Anda sudah terserang gangguan insomnia. Maka kehidupan Anda akan mulai berubah, begitu juga gaya hidup Anda.

Temukan informasi terkait artikel insomnia di bawah ini :

7 Penyebab Gangguan Insomnia Yang Tak Terduga
9 Dampak Insomnia Yang Pasti Mengejutkan Bagi Anda
5 Makanan Untuk Mengatasi Insomnia Secara Cepat dan Alami
3 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Segala Usia
7 Cara Mengatasi Insomnia Pada Remaja Jaman Sekarang
Adakah Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Yang Praktis?

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Lalu, apa yang sehausnya dilakukan? Jika Anda menderita insomnia, ada banyak cara mengatasi insomnia dengan cepat yang bisa Anda ambil. Hak tersebut bisa meliputi perubahan perilaku dan gaya hidup untuk membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas. Berikut ini beberapa informasi penting untuk mengetahui cara untuk mengatasi insomnia secara tepat, cepat, efektif, dan praktis.

7 Penyebab Gangguan Insomnia Yang Tak Terduga

Insomnia mungkin menjadi masalah utama, atau mungkin terkait dengan kondisi lain yang terjadi pada diri Anda. Insomnia kronis biasanya merupakan akibat dari stres, kejadian hidup atau kebiasaan yang mengganggu tidur. Mengobati penyebab yang mendasari dapat menyelesaikan insomnia. Akan tetapi kadang-kadang bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Adapun penyebab gangguan insomnia secara umum adalah sebagai berikut:

1. Stres

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Stres bisa dipengaruhi banyak hal. Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan atau keluarga dapat membuat pikiran Anda tetap aktif di malam hari. Sehingga Anda akan merasa sulit untuk tidur. Kehidupan Anda yang menegangkan, trauma atau penyakit, perceraian, atau kehilangan pekerjaan juga dapat menyebabkan insomnia.

2. Jadwal Perjalanan atau Kerja

Ritme sirkadian Anda bertindak sebagai jam internal. Membimbing hal-hal seperti siklus tidur-bangun Anda, metabolisme dan suhu tubuh. Mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda dapat menyebabkan insomnia. Penyebab utamanya termasuk jet lag dari bepergian di beberapa zona waktu. Selain itu juga bekerja shift yang sering berubah dan tidak teratur.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur yang tidak teratur dan tidur siang. Selain itu juga kegiatan yang merangsang sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur Anda untuk bekerja. Kegiatan dengan elektronik seperti TV, Komputer, video, game, smartphone, atau gadget lainnya sebelum tidur juga dapat mengganggu siklus tidur Anda.

4. Makan terlalu larut malam

Siapa sangka jika makan terlarut malam juga menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Apakah Anda sering melakukan terutama ketika sedang banyak pekerjaan? Memiliki camilan ringan sebelum tidur sudah cukup. Tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring. Banyak orang juga mengalami sakit maag. Karena adanya aliran balik asam dan makanan dari perut ke esofagus setelah makan sehingga mungkin membuat Anda tetap terjaga.

5. Kafein, nikotin, dan alkohol

Jika ditelusuri, ketiga hal tersebut sangat merugikan bagi kesehatan tubuh. Jika Anda penyuka minuman berkafein, merokok, dan minuman alkohol, maka Anda terancam terjangkit insomnia. Kopi, teh, cola dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan. Meminum mereka di sore hari dapat mencegah Anda tertidur di malam hari. Di samping itu, Nikotin dalam produk tembakau adalah stimulan lain yang dapat mengganggu tidur. Di tambah lagi Alkohol yang membuat tidur Anda tidak benar-benar berkualitas. Jika Anda penyuka ketiganya, mulailah untuk menghindarinya.

6. Obat-Obatan

Beberapa obat yang diresepkan oleh dapat mengganggu tidur Anda. Seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah. Banyak obat yang dijual bebas seperti beberapa obat nyeri, obat alergi dan dingin, dan produk penurun berat badan juga berpengaruh.

Selain itu kondisi medis juga bisa menjadi penyebab insomnia. Beberapa kondisi medis yang terkait dengan insomnia: nyeri kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma,dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Selain itu juga jika Anda sedang menderita tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

7. Gangguan terkait tidur

Sleep apnea merupakan salah satu gangguan terkait tidur yang bisa menimbulkan insomnia. Kondisi ini menyebabkan Anda berhenti bernapas secara berkala sepanjang malam. Sehingga akan mengganggu kualitas tidur Anda. Selain itu, sindrom kaki gelisah menyebabkan sensasi tidak menyenangkan di kaki yang dapat mencegah Anda tertidur.

9 Dampak Insomnia Yang Pasti Mengejutkan Bagi Anda

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Anda tentunya tahu jika insomnia memberikan beberapa dampak negatif bagi hidup Anda, bukan? Faktanya, ada 9 dampak insomnia yang mengejutkan bagi hidup Anda. Tentu saja dampak tersebut bukanlah hal yang sepele melainkan sesuatu yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda selanjutnya memiliki keinginan untuk menemukan berbagai cara mengatasi insomnia dengan cepat.

1. Kantuk Menyebabkan Kecelakaan

Kurang tidur terutama karena insomnia adalah salah satu faktor terbesar dalam sejarah kecelakaan. Studi menunjukkan bahwa kurangnya tidur berkualitas bisa menyebabkan kecelakaan di jalan maupun kerja. Dalam sebuah penelitian, pekerja yang mengeluh tentang kantuk di siang hari yang berlebihan secara signifikan mengalami lebih banyak kecelakaan kerja. Rasa kantuk membuat Anda tidak fokus pada hal yang sedang Anda lakukan. Sehingga beberapa kecelakaan bisa terjadi pada saat sedang berkendara maupun bekerja.

2. Insomnia Memicu Anda Cepat Down

Tidur memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur karena efek insomnia akan melukai proses kognitif dalam berbagai cara. Pertama, insomnia bisa mengganggu perhatian, kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan penyelesaian masalah. Hal ini membuatnya lebih sulit untuk belajar secara efisien. Sehingga, Anda akan mudah down dalam kondisi apapun.

3. Menyebabkan Berbagai Masalah Kesehatan yang Serius

Insomnia yang kronis dapat membuat Anda berisiko terjangkit beberapa penyakit yang serius. Anda mungkin tidak menduganya. Akan tetapi faktanya, insomnia bisa menyebabkan beberapa penyakit berikut:

  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Detak jantung tak teratur
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Diabetes

Sangat mengerikan, bukan? Bahkan sebagian besar dari Anda berisiko untuk terjangkit penyakit serius tersebut. Jika Anda masih menganggap insomnia sebagai sesuatu yang sepele.

4. Mengurangi Sex Drive / Libido Rendah

Pria dan wanita yang mengalami insomnia memiliki risiko yang lebih besar terhadap berkurangnya sex Drive/ libido. Energi yang habis, kantuk, dan ketegangan yang meningkat menjadi faktor yang mempengaruhinya.

5. Menyebabkan Depresi

Seiring waktu, insomnia dapat berkontribusi pada gejala depresi. Orang-orang yang kurang tidur berkualitas lebih mudah terdiagnosis dengan depresi. Gangguan tidur yang paling umum, insomnia, memiliki hubungan terkuat dengan depresi. Dalam sebuah penelitian tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang. Mereka yang menderita insomnia lima kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan yang tidak. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala depresi pertama.

Insomnia dan depresi saling memberi timbal balik. Dalam hal ini, insomnia sering memperburuk gejala depresi. Dan sebaliknya, depresi dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Sisi positifnya adalah ketika Anda memperbaiki kualitas tidur Anda, maka akan berpengaruh terhadap kurangnya depresi. Dan begitu pun sebaliknya.

6. Mempercepat Penuaan Dini

Kebanyakan orang akan memiliki kulit yang pucat dan mata bengkak jika terkena insomnia, terutama ketika terjadi terus menerus. Ketika Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit yang merupakan protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis.

Kurangnya kualitas tidur juga menyebabkan tubuh melepaskan hormon pertumbuhan manusia dalam jumlah yang terlalu sedikit. Ketika kita muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Seiring bertambahnya usia, itu membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. Karenanya, ketika kurangnya tidur yang berkualitas, maka hormon pertumbuhan akan terhambat dan memicu penuaan dini pada Anda.

7. Mudah Lengah dan Lupa

Berusaha menjaga agar ingatan Anda tetap tajam? Cobalah tidur nyenyak dan berkualitas. Mengapa demikian? Anda harus tahu jika kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap otak Anda.

Tahun 2009, peneliti Amerika dan Prancis menetapkan bahwa peristiwa gelombang otak (Sharp Wave Ripples) bertanggung jawab untuk menggabungkan memori. Gelombang tersebut juga mentransfer informasi yang dipelajari dari hippocampus ke neokorteks otak. Di mana memori jangka panjang disimpan. Kondisi ini sebagian besar terjadi selama tingkat tidur terdalam. Jika terjadi gelombang otak yang abnormal, maka akan mempengaruhi fungsi otak itu sendiri. Seperti halnya untuk mengingat sesuatu menjadi lebih lemah dan lengah.

8. Risiko Obesitas Lebih Tinggi

Ketika insomnia terjadi pada Anda secara terus menerus makan akan meningkatkan risiko obesitas. Kurang tidur pada umumnya akan berdampak terkait dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan. Sehingga, hal ini akan menimbulkan obesitas pada diri Anda.

Penelitian terbaru telah berfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin menstimulasi rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan menekan nafsu makan. Waktu tidur yang singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin.

Tidak hanya tidur nyenyak muncul untuk merangsang nafsu makan. Ini juga menstimulasi keinginan untuk makanan yang tinggi lemak dan berkarbohidrat tinggi. Studi yang sedang berlangsung sedang mempertimbangkan apakah tidur yang memadai harus menjadi bagian standar program penurunan berat badan.

9. Meningkatkan Risiko Kematian

Dalam “Studi Whitehall II,” para peneliti Inggris melihat bagaimana pola tidur mempengaruhi kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris. Hal ini terjadi hanya dalam kurun waktu selama dua dekade. Sangat mengejutkan, bukan? Hasilnya, menunjukkan bahwa mereka dengan insomnia memiliki risiko dua kali lipat kematian mereka dari semua penyebab. Secara khusus, insomnia bisa menggandakan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Jika di lihat dari daftar di atas, bukankah mengerikan dampak dari insomnia tersebut? Banyak orang yang belum sadar tentang hal ini, mungkin juga Anda. Inilah saatnya Anda memikirkan diri Anda sendiri. Mulai dari kualitas tidur Anda.

5 Makanan Untuk Mengatasi Insomnia Secara Cepat dan Alami

 

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Ada banyak tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda tidur berkualitas setiap malam. Seperti halnya memperhatikan kebersihan sebelum tidur, meningkatkan kebiasaan tidur yang bagus untuk mempromosikan tidur nyenyak di malam hari. Beberapa yang sangat berpengaruh lainnya adalah pola makan atau diet keseharian Anda.

Otak bergantung pada susunan nutrisi yang rumit untuk memastikan tidur yang tenang dan tanpa gangguan. Bagaimana asupan Anda sehari-hari juga akan mempengaruhi pola tidur Anda. Nah, jika Anda menderita insomnia, maka ada baiknya Anda mengonsumsi makanan berikut 2–4 jam sebelum tidur. Makanan berikut menjadi salah satu makanan untuk mengatasi insomnia berikut.

1. Mentega Almond

Kacang almond dan kacang lainnya dikemas dengan kandungan magnesium yang tinggi. 1/4 cangkir konsumsinya bisa memberikan Anda 25 persen dari kebutuhan magnesium harian Anda. Selain itu juga kaya akan tryptophan yang mempromosikan tidur. Potasium dalam almond juga mampu secara signifikan meningkatkan efisiensi tidur dan mengurangi terbangun setelah tertidur. Ditambah lagi adanya vitamin B yang mempromosikan tidur nyenyak.

Ada beberapa menu diet dengan mentega almond yang bisa Anda coba dan nikmati:

  • Apel melintang menjadi bulat, lalu olesi mentega almond untuk camilan tidur sederhana
  • Masukkan mie soba panas, wortel parut, dan daun bawang cincang dengan mentega almond
  • Masak ubi manis dalam santan hingga lunak, tambahkan mentega almond, masak sampai halus, dan bumbui dengan bubuk kari

Dari contoh menu diet di atas, tidak ada yang tidak menarik selera, bukan? Anda sangat wajib mencobanya. Selain itu, Anda juga perlu menemukan varian lain dengan bahan makanan tinggi magnesium maupun potasium.

2. Makanan Berkalsium

Kalsium adalah mineral lain yang membantu otak membuat melatonin. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam dan mengalami kesulitan untuk kembali tidur. Diet kaya kalsium telah terbukti membantu pasien dengan insomnia. Produk susu yang mengandung triptofan dan kalsium adalah penginduksi tidur terbaik.

Akan tetapi Anda juga bisa mengambil beberapa sumber kalsium lainnya. Seperti : sayuran hijau, Susu rendah lemak, Keju, yoghurt, Sarden, Kedelai, jeruk, Roti dan biji gandum, Okra, dan Brokoli.

3. Buah Ceri

Buah ceri mengandung tinggi melatonin, yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Dalam satu penelitian, relawan yang minum jus ceri selama tujuh hari memiliki peningkatan kadar melatonin. Serta menunjukkan peningkatan signifikan dalam waktu tidur dan efisiensi tidur. Studi lain menemukan bahwa jus ceri manis sama efektifnya dengan berbagai variasi obat herbal. Ceri manis juga kaya akan melatonin, dan mungkin memiliki efek mempromosikan tidur.

Anda bisa mengonsumsi ceri beku murni dengan susu dan madu untuk tidur yang menenangkan. Atau simmer tart ceri dalam cuka balsamic dan madu sampai lunak, lalu sajikan dengan vanilla yoghurt. Anda juga bisa menggabungkan ceri cincang dengan bawang merah cincang, paprika jalapeño, ketumbar, dan air jeruk nipis.

4. Minuman yang Sangat Bagus Sebelum Tidur

Bukan hanya makanan yang bagus untuk dimanfaatkan dalam mengatasi insomnia. Ada beberapa jenis minuman yang mengandung vitamin dan mineral yang penting sebagai cara mengatasi insomnia dengan cepat. Di antaranya: susu hangat, susu salmon, teh valeria, teh chamomile, jus ceri tart, teh buah markisa, dan teh peppermint.

5. Chickpeas

Chickpeas kaya akan triptofan, asam amino yang bertindak sebagai pendahulu untuk serotonin. Zat ini yang memainkan peran penting dalam modulasi tidur. Makanan sumber tryptophan mungkin sama efektifnya dengan suplemen. Dalam satu studi, diet triptofan secara signifikan mengurangi insomnia, terutama bila dikombinasikan dengan karbohidrat kompleks. Karena Chickpeas mengandung triptofan dan karbohidrat. Mereka adalah makanan yang bagus untuk mempromosikan tidur. Bahan makanan ini juga kaya serat.

3 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Segala Usia

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Pengobatan untuk insomnia akan melibatkan terapi non-medis. Seperti mengembangkan kebiasaan tidur yang lebih baik atau psikoterapi, dan kadang-kadang obat. Jika kondisi medis seperti diabetes atau menopause menyebabkan insomnia Anda, mengobati kondisi tersebut dapat membantu. Semisal insomnia terjadi karena efek samping obat, maka Anda perlu konsultasi pada dokter Anda. Jika obat tersebut memberikan efek insomnia.

Akan tetapi, secara umum, ada beberapa cara mengatasi insomnia paling ampuh yang bisa Anda praktekkan sendiri. Cara tersebut pun bisa Anda lakukan sendiri tanpa dengan obat-obatan dari dokter maupun injeksi. Lalu, apa saja cara untuk mengatasinya?

Melatih Pikiran dan Tubuh Anda untuk Tidur

Jika Anda tidak bisa tidur, lalu bangun dan sering tidak melakukan sesuatu. Hanya berbaring saja dan menunggu mata Anda secara tidak sadar terlelap dengan sendirinya. Atau bahkan Anda tidak bisa tidur dan akhirnya melakukan sesuatu saat berbaring, dan sering hanya memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sehingga akan menimbulkan berbagai kekhawatiran dan kecemasan. Inilah yang membuat Anda akan terus menerus menderita insomnia.

Dalam hal ini, Anda perlu sebuah terapi untuk melatih pikiran dan tubuh Anda untuk tidur. Terapi kendali stimulus berfungsi melatih otak Anda untuk tidur. Ada beberapa panduan yang bisa Anda ikuti sendiri yang benar-benar dapat membantu di bidang ini.

Pertama, gunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur, bukan untuk aktivitas lainnya termasuk kerja ataupun sekedar menggunakan alat elektronik.

Kedua, jika Anda berbaring di tempat tidur selama lebih dari 20 menit dan belum juga tertidur. Anda sebaiknya bangun lagi dan duduk di kursi di luar area tidur. Lakukan beberapa aktivitas ringan, yang tidak terlalu aktif dalam cahaya rendah. Misalnya dengan membaca, memandangi langit malam dari jendela, atau menerapkan latihan relaksasi. Dan yang terpenting adalah cobalah untuk tidak menggunakan alat elektronik apapun.

Ketiga, Kebersihan tidur juga dapat berkontribusi untuk melatih tubuh Anda dan pikiran Anda secara nyaman untuk tidur. Pastikan tubuh Anda telah dalam keadaan bersih sebelum tidur. Selain itu, Anda juga perlu meminum secangkir teh (tanpa kafein). Lakukanlah sedikit peregangan untuk relaksasi otot dan pikiran. Jangan lupa untuk mengganti pakaian Anda dengan piyama atau jenis pakaian tidur lainnya yang membuat nyaman. Semua hal tersebut dapat membantu mengirim pesan ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Kelola Stres dan Kekhawatiran Anda

Manusia harus melupakan kemarahannya sebelum dia tertidur. Mungkin ini terdengar sulit, bukan? Karena sebagian besar orang, atau mungkin Anda juga mengalaminya. Kemarahan, kekesalan, kekecewaan, dan kecemasan justru akan semakin menguat terasa sebelum Anda tidur. Kondisi stres dan kecemasan tersebut dapat menciptakan hambatan besar untuk tidur. Tentunya, walaupun hal tersebut sangat susah dilakukan, Anda harus mengambil sikap untuk memperbaikinya. Karena inilah salah satu cara mengatasi insomnia dengan cepat dan ampuh.

1. Latihan Pernapasan dan Latihan Relaksasi

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda mulai dengan beberapa  latihan pernapasan dan latihan relaksasi otot sebelum tidur. Kedua kegiatan ini dapat membantu mengurangi stres dan mendorong relaksasi yang akan membantu Anda mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk beristirahat.

2. Atur Waktu, Ekspresikan Kekhawatiran

Selain itu, Anda perlu mengatur waktu terbaik untuk mengekspresikan kekhawatiran. Mungkin Anda merasa bingung dengan tips ini, bukan? Maksudnya adalah, Anda perlu memilih waktu yang dijadwalkan untuk mengekspresikan khawatir. Dan tuliskan kekhawatiran Anda pada selembar kertas atau buku harian Anda. Lakukan hal tersebut untuk mengekspresikan semua yang ada di otak dan perasaan Anda sebelum waktunya tidur. Dan ketika Anda berhenti menulis atau menutup buku, pastikan bahwa Anda juga berhenti dengan kekhawatiran tersebut.

3. Jangan Melihat Jam Saat Tidur

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah jangan melihat jam saat tidur! Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan dan khawatir tentang tidur. Dan Anda secara refleks akan terus berpikir “mengapa jam segini saya belum tertidur?”. Pertanyaan tersebut akan terus berulang-ulang dan membuat berbagai kekhawatiran baru. Akan lebih baik jika Anda tidak memandangi jam ketika di tempat tidur. Jauhkan jam dari pandangan Anda. Anda juga bisa menggunakan penutup mata untuk membantu hal ini.

Aktivitas Harian dan Langkah Selanjutnya

Hari-hari yang dihabiskan dengan baik akan membawa tidur yang nyenyak dan bahagia. Apa yang Anda lakukan pada siang hari memang memengaruhi kualitas tidur Anda. Ada banyak bukti yang mendukung fakta bahwa beberapa aktivitas atau rutinitas sehari-hari bisa membuat tidur Anda nyenyak dan sebaliknya.

Salah satu contohnya yaitu dengan berolah raga. Berolahraga yang cukup dapat membantu Anda tidur lebih baik. Selain itu, tidur siang yang berlebihan juga dapat mempengaruhi tidur malam Anda secara negatif. Karenanya, jika Anda memerlukan tidur siang maka lakukan secukupnya dan perhatikan kualitasnya, bukan kuantitasnya.

Bukan hanya itu, aktivitas yang berlebihan pada siang hari juga akan mengganggu kenyamanan dan kualitas tidur Anda. Anda harus mulai mengatur dan mengontrol aktivitas dan rutinitas Anda. Kesehatan adalah nomor satu, jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan utama Anda terlalu terforsir untuk bekerja. Bekerjalah secara cerdas, bukan berat atau keras.

Semoga beberapa cara mengatasi insomnia dengan cepat tersebut akan bermanfaat untuk Anda. Tentu saja konsultasi dengan seorang dokter yang memiliki keahlian dalam CBT dapat membantu Anda untuk melakukan yang terbaik.

7 Cara Mengatasi Insomnia Pada Remaja Jaman Sekarang

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Tubuh remaja masih dalam tahap perkembangan dan membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Jumlah jam yang paling efektif bagi para remaja adalah berkisar 9 jam per malam. Kita tahu bahwa ketika siklus tidur alami terganggu, gejala yang berkaitan dengan insomnia terjadi. Hal ini bisa berlangsung dalam jangka pendek atau jangka panjang tergantung pada jenis insomnia. Hal ini tentunya akan mengakibatkan insomnia sementara atau kronis; dan polanya onset tidur, tengah, atau terminal.

Mungkin masih terdengar aneh dan jarang bagi remaja yang terkena insomnia. Akan tetapi pada faktanya, banyak anak remaja saat ini yang menderita insomnia. Mereka sulit untuk tidur malam maupun memang tidak ingin tidur terlalu awal karena berbagai alasan tertentu. Adanya masalah fisik dan psikologis yang nyata dapat menjadi penyebab utama atau sekunder untuk kurang tidur dan insomnia. Selain itu, pola hidup atau aktivitas para remaja di malam hari juga semakin meningkat, terutama yang berkaitan dengan elektronik. Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia pada remaja sesungguhnya?

Hindarkan dari Aktivitas Elektronik Sebelum Tidur

Salah satu cara mengatasi insomnia dengan cepat adalah dengan mengurangi intensitas bermain elektronik menjelang tidur. Pastikanlah anak remaja Anda mematikan komputer dan elektronik mereka sebelum mereka di tempat tidur. Tentu saja hal ini akan membawa pertentangan dari mereka. Karena, Anda juga pasti tahu bahwa mereka terkadang tidak bisa terlepas dari handphone. Dan ini yang membuat mereka atau mungkin Anda sendiri sebagi remaja terjangkit insomnia.

Anda mungkin akan memberontak untuk tetap memegang HP Anda ketika menjelang tidur. Dan bahkan beberapa remaja menggunakan earphone sambil mendengarkan musik hingga terlelap dengan sendirinya. Tentunya, hal ini, bagaimanapun juga, harus dihentikan. Manfaatkan waktu malam Anda untuk tidur yang berkualitas. Cobalah sedikit demi sedikit untuk mengurangi aktivitas Anda atau remaja Anda dengan elektronik sebelum tidur. Dorong anak remaja Anda untuk memiliki setidaknya 30 menit waktu bebas elektronik sebelum tidur.

Jagalah Kebersihan Sebelum Tidur

Usahakan agar kamar remaja Anda tetap sejuk dan nyaman sebelum tidur. Orang tua atau termasuk Anda bisa membuat kamar anak Anda senyaman mungkin menurut mereka. Ingat kenyamanan dan kesenangan mereka terhadap suasana kamar berdasarkan keinginan mereka, bukan Anda sebagai orang tua. Selain itu juga perlu untuk menjaga kebersihan badan. Tentunya banyak remaja yang sudah susah untuk diatur menjaga kebersihan walaupun kebersihan badan mereka sendiri. Untuk hal tersebut, Anda perlu sedikit memaksa atau menggunakan cara tertentu untuk membiasakan mereka menjaga kebersihan.

Olahraga untuk Tidur yang Lebih Baik

Tahukah Anda jika olahraga teratur membantu Anda tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kesehatan umum Anda? Remaja harus membidik dan mempraktekkan hal tersebut. Setidaknya 60 menit latihan setiap hari, termasuk aktivitas aerobik seperti berjalan cepat dan berlari, joging, berenang, ataupun olah raga lainnya.

Berolahraga di siang hari akan membantu mendorong pola tidur yang sehat juga. Terkait dengan hal ini tentunya tidak masalah dengan Anda, bukan? Banyak remaja yang sangat menyukai olahraga. Tetapi, bagi mereka yang lebih memilih diam dan berkutat di belakang alat elektroniknya, ini akan jadi sesuatu yang sulit. Anda perlu membiasakan diri untuk berolah raga walaupun hanya sekedar olah raga ringan setiap harinya.

Hindari Konsumsi Kafein

Sarankan agar anak remaja Anda untuk meminimalisir konsumsi kafein. Kafein yang ditemukan pada cola, teh, dan kopi  terutama dalam 4 jam sebelum tidur akan mengganggu diri Anda. Sehingga, gangguan tidur pun akan terjadi. Terlalu banyak kafein dapat menghentikan atau mengurangi jumlah tidur nyenyak yang mereka seharusnya miliki. Cara mengatasi insomnia dengan cepat yang satu ini mungkin harus dilakukan. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh lainnya. Mengapa? Karena cafeine yang berlebihan memicu beberapa penyakit seperti obesitas, kekurangan kalsium, kecanduan, masalah jantung, dan lainnya.

Atur Pola Makan Sebelum Tidur

Biarkan remaja tahu bahwa makan terlalu banyak, atau terlalu sedikit, mendekati waktu tidur dapat menyebabkan perut yang kenyang atau kosong. Ini bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan di malam hari dan dapat mencegah tidur.

Anda perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan ringan berkarbohidrat tinggi jika mereka sulit tidur. Makan camilan karbohidrat tinggi sebelum tidur melakukan trik. Camilan ini membuat Anda hangat dan mengantuk. Pertimbangkan untuk mencoba camilan ini: pretzel, sereal, graham cracker, buah segar, buah kering, jus buah, wafer vanila. Selain itu, biskuit asin, popcorn, atau roti panggang dengan selai atau jeli juga bisa membantu. Akan tetapi hal ini memiliki efek yaitu meningkatkan risiko obesitas. Karenanya, tetap waspadai dan jagalah aturan berapa dan kapan memakan makanan ringan tersebut.

Bicarakan Masalah Apa Pun

Bicaralah dengan anak remaja Anda tentang apa pun yang mereka khawatirkan. Ini akan membantu mereka untuk menempatkan masalah mereka ke dalam perspektif dan tidur lebih baik. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua, harus lebih memahami kondisi anak remaja Anda. Sehingga Anda akan tahu alasan di balik insomnia mereka. Mencoba membuat mereka bercerita baik kepada Anda maupun hanya kepada buku pribadi akan sangat membantu. Hal ini setidaknya untuk mengurangi rasa khawatir dan beban pikiran saat menjelang tidur.

Hindari Kemalasan di Akhir Pekan

Biasanya, anak remaja Anda akan cenderung bermalas-malasan ketika akhir pekan. Mereka cenderung memilih untuk tidur lebih larut dan bangun lebih siang di akhir pekan. Hal tersebut sangat mengganggu siklus tidur Anak Anda. Jelaskan pada anak Anda, tidur dengan jumlah jam yang lama bukan berarti memberikan kualitas tidur yang sama. Anda perlu mendorong anak remaja Anda untuk tidak tidur selama berjam-jam di akhir pekan. Tidur larut malam karena dapat mengganggu jam tubuh Anda dan meninggalkan Anda dengan “jet lag” akhir pekan pada Senin pagi.

Adakah Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Yang Praktis?

cara mengatasi insomnia dengan cepat

Jika Anda ingin bangkit dan keluar dari masalah insomnia, ini saatnya Anda mencoba solusi terbarunya yang memang benar-benar terbukti. Beberapa cara di atas mungkin mampu membantu Anda mengatasinya. Akan tetapi, Anda terkadang butuh cara jitu mengatasi susah tidur yang lebih praktis dan efektif.

Apakah Anda ingin tahu cara mengatasi insomnia dengan cepat dan paktis tanpa obat medis? Kami memperkenalkan Penyembuhan Bioenergi atau Bioenergi Healing. Penyembuhan ini bisa mengatasi insomnia ringan maupun kronis sekalipun dengan cara yang praktis, mudah, dan efektif.

Dalam penyembuhan Bioenergi, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu terkait apa sebenarnya energi ini dan bagaimana sistem kerjanya. Dengan demikian, penyembuhan Bioenergi akan cepat memberikan manfaat kepada Anda untuk mengatasi insomnia. Selain itu, efek panjangnya juga bisa membuat kualitas tidur Anda semakin membaik dan berkualitas. Baik secara fisik, psikis, mental, emosional, dan spiritual. Tentu saja, penyembuhan Bioenergi ini sangat sejalan dengan kebutuhan Anda untuk mengatasi insomnia dengan cepat. Karena Bioenergi bekerja hingga ke sel-sel tubuh Anda dan menyembuhkan secara lebih praktis, holistis, mudah, dan spiritual.

Anda perlu mempelajari cara dan teknik yang tepat. Sehingga memungkinkan Anda untuk lebih bisa mengatasi masalah tersebut oleh diri Anda sendiri. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menetralisir energi negatif dalam berbagai aspek hidup Anda. Serta menciptakan kembali keseimbangan dan harmoni energi dalam diri Anda. Lalu bagaimana caranya? Anda perlu mengikuti program Pelatihan Bioenergi dan juga mengikuti bimbingannya secara berkelanjutan. Dengan demikian, Anda bisa paham benar apa yang harus Anda lakukan. Anda semakin penasaran dengan cara mengatasi insomnia dengan cepat? Kunjungi laman Web kami di Bioenergi Healing untuk informasi lebih lanjut. Anda juga bisa mengunjungi Bioenergi Center untuk berkonsultasi secara langsung atau mengikuti berbagai pelatihan Bioenergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *