Blog

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Tanpa obat, Aman, dan Ampuh

cara mengatasi kolesterol tinggi

Kolesterol pada dasarnya dibuat di hati Anda dan memiliki banyak fungsi yang penting. Seperti misalnya, membantu menjaga dinding sel Anda fleksibel dan diperlukan untuk membuat beberapa hormon. Namun, seperti yang lainnya di dalam tubuh, terlalu banyak kolesterol atau kolesterol di tempat yang salah justru akan menciptakan masalah. Tahukah Anda jika Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung? Karena bahaya kolesterol itulah, saat ini banyak cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat. Baik secara medis maupun non-medis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, apakah semua usaha penyembuhan kolesterol mampu mengatasi dan menetralkan kembali kolesterol dalam tubuh Anda?

Bacalah ulasan artikel terkait berikut ini :

Level Kolesterol Normal Yang Direkomendasikan bagi Semua Usia
5 Fakta dan Akibat Kolesterol Tinggi yang Tidak Anda Ketahui
7 Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Paling Bagus untuk Dikonsumsi
5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Efektif
Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Aman
Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Medis secara Ampuh

Seperti lemak, kolesterol tidak larut dalam air. Sebaliknya, transpornya di dalam tubuh tergantung pada molekul yang disebut lipoprotein. Yang membawa kolesterol, lemak dan vitamin yang larut dalam lemak dalam darah.  Dalam penyembuhannya, secara medis, obat-obatan dapat membantu meningkatkan kolesterol Anda. Tetapi jika Anda lebih suka melakukan perubahan gaya hidup terlebih dahulu untuk meningkatkan kolesterol Anda, Anda perlu mengawalinya.

Level Kolesterol Normal Yang Direkomendasikan bagi Semua Usia

cara mengatasi kolesterol tinggi

Kolesterol yang normal pada setiap tingkatan umurnya adalah sebagai berikut. Dan Anda wajib mencatat dan mengeceknya. Siapa tahu saat ini kolesterol Anda sedang tidak dalam kondisi normal. Sehingga Anda wajib segera mendapatkan cara mengatasi kolesterol tinggi tersebut.

Kolesterol adalah zat seperti lilin, seperti lemak yang dibuat di hati dan ditemukan dalam makanan tertentu dari hewan. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol agar berfungsi dengan baik. Namun, terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Baca juga : Waspadai Gejala Penyakit Jantung dan Temukan Penyembuhannya

Faktor-Faktor Risiko Kolesterol Tinggi Yang Tidak Terkontrol

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan kolesterol semakin tinggi bagi sebagian manusia. Apakah itu? Anda perlu mencatat hal berikut agar Anda tahu bagaimana mencegahnya.

Jenis kelamin : Setelah menopause, tingkat kolesterol LDL wanita (kolesterol “jahat”) meningkat, seperti halnya risiko penyakit jantungnya.

Umur              : Risiko Anda mungkin meningkat seiring bertambahnya usia. Pria 45 tahun atau lebih dan wanita berusia 55 tahun ke atas memiliki risiko tinggi terkena kolesterol dan penyakit jantung.

Riwayat keluarga: Risiko kolesterol tinggi Anda dapat meningkat jika seorang ayah atau saudara laki-laki terkena penyakit jantung dini (sebelum usia 55). Atau ibu atau saudara perempuan terkena penyakit jantung dini (sebelum usia 65).

Bagaimana menurut Anda? Ternyata ketiga faktor risiko tersebut bisa mempengaruhi kondisi kolesterol Anda. Dengan demikian, Anda bisa mulai mencoba untuk mengatasi atau mencegahnya, bukan? Atau, Anda butuh lebih banyak informasi?

Grafik Kolesterol Untuk Orang Dewasa

The American Heart Association merekomendasikan agar semua orang dewasa memeriksakan kolesterol mereka setiap 4 hingga 6 tahun sekali. Dimulai pada usia 20, yaitu usia di mana kadar kolesterol bisa mulai naik.

Seiring bertambahnya usia, kadar kolesterol cenderung meningkat. Pria umumnya berisiko lebih tinggi daripada wanita untuk kolesterol tinggi. Namun, risiko seorang wanita meningkat setelah ia mengalami menopause.

Total kolesterol normal : kurang dari 200 mg/dL

Batas ambang                : rentang antara 200-239 mg/dL

Total kolesterol tinggi   : Di atas 240 mg/dL

Total kolesterol rendah : HDL kurang dari 40 mg/dL

Grafik Kolesterol Untuk Anak-Anak

Biasanya, Anak-anak memiliki kolesterol yang cenderung normal pada usia di bawah 20 tahun. Terutama anak-anak yang aktif secara fisik, memiliki pola makan yang sehat, tidak kelebihan berat badan. Selain itu juga yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kolesterol tinggi..

Saat ini sangat direkomendasikan bahwa anak-anak harus memeriksakan kolesterol mereka antara usia 9 dan 12. Setelah itu Anda juga wajib memeriksakan kembali lagi antara usia 17 dan 21. Lalu, berapa angka kolesterol normal dan tinggi pada anak-anak pada umumnya?

Total kolesterol normal : kurang dari 170 mg/dL

Batas ambang                : rentang antara 170-199 mg/dL

Total kolesterol tinggi   : Di atas 200 mg/dL

Total kolesterol rendah : HDL kurang dari 40 mg/dL

Jika Anda atau anak Anda telah terserang kolesterol yang tinggi, maka Anda perlu waspada. Anda harus paham benar jika kolesterol tinggi akan memberikan beberapa efek terutama pada kesehatan jantung Anda. Dan karena itulah Anda perlu mencari cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat dan tepat.

5 Fakta dan Akibat Kolesterol Tinggi yang Tidak Anda Ketahui

cara mengatasi kolesterol tinggi

Kesehatan jantung yang baik adalah seperti blok bangunan: kumulatif. Semakin awal Anda mulai membuat pilihan gaya hidup sehat, semakin baik manfaatnya bagi Anda, terutama seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, ketika kolesterol tinggi, maka kesehatan jantung akan benar-benar terganggu.

Kolesterol adalah zat lemak yang dibuat oleh tubuh Anda dan ditemukan dalam makanan tertentu. Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol berfungsi dengan baik. Tetapi memiliki terlalu banyak (kolesterol tinggi) membuat Anda berisiko terkena serangan jantung atau stroke.  Dan akibat kolesterol tinggi tidak hanya dirasakan pada usia tua tetapi juga anak-anak dan remaja.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Stroke Dengan Cepat Tanpa Komplikasi

1# Anda Tidak Bisa Hidup Tanpa Kolesterol

Pada faktanya, kita terlahir dengan kolesterol dalam tubuh kita, dan bayi mendapatkan lebih banyak dari susu ibu. Sebenarnya, kolesterol bahkan ditambahkan ke formula bayi. Kolesterol sangat penting karena semua hormon dan sel kita membutuhkannya berfungsi dengan baik. Ini juga merupakan blok bangunan untuk semua sel tubuh. Dan kolesterol membantu hati membuat asam yang diperlukan untuk memproses lemak. Jadi sangat jelas jika kolesterol tidak dapat dihilangkan dari diri kita. Akan tetapi, kolesterol yang berlebihan akan berbahaya. Inilah yang menjadi masalah.

2# Satu Dari Setiap Tiga Orang Dewasa Memiliki Kolesterol Tinggi

Semua orang yang berusia di atas 20 tahun harus memeriksakan kolesterol mereka dengan tes darah sederhana. Tetapi hanya sekitar 75 persen yang melakukannya. Memiliki tingkat LDL tinggi yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung. Dan karena kadar kolesterol dapat dipengaruhi oleh banyak hal yang berbeda. Seperti halnya diet dan stres. Pola hidup dan makan disertai dengan bertambahnya usia pada orang dewasa membuat semakin berisiko menderita kolesterol yang tinggi.

3# Kolesterol Tinggi Bisa Bersifat Genetik

Banyak fokus ditempatkan pada pengendalian kadar kolesterol melalui perubahan pola makan dan olahraga. Tetapi faktor utama yang mempengaruhi adalah genetika. Karena itulah, jika Anda tidak ingin menjadi salah satunya, Anda wajib memutus rantai kolesterol tinggi dengan mengubah gaya hidup Anda.

4# Bahkan Anak-Anak Juga Memiliki Kolesterol Tinggi

Kebanyakan orang berpikir tentang kolesterol tinggi sebagai masalah orang dewasa. Akan tetapi saat ini, beberapa anak-anak faktanya mengalami kolesterol tinggi. Beberapa faktor pemicunya yaitu obesitas, riwayat keluarga dengan serangan jantung, dan kolesterol tinggi.

5# Berkeringat Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik Anda

Selain makan makanan yang sehat dapat meningkatkan kadar HDL. Termasuk makanan seperti salmon sehat hati dan alpukat, dan beberapa jenis makanan lainnya.  Pada dasarnya ini sangat bermanfaat dan berfungsi untuk melindungi terhadap penyakit jantung diimbangi dengan berolahraga. Akan tetapi, jika hal tersebut menghantarkan pada kolesterol tinggi, Anda harus tahu cara mengatasi kolesterol tinggi.

7 Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Paling Bagus untuk Dikonsumsi

cara mengatasi kolesterol tinggi

Mengubah pola makanan yang sudah biasa Anda lakukan biasanya akan terkesan sangat susah. Apalagi, Anda harus menjalani diet sehat dan menghindari berbagai makanan favorit Anda. Tentu hal ini menjadi sangat melelahkan dan menyebalkan bagi Anda, bukan? Akan tetapi, hal ini memang wajib dilakukan. Mengapa? Karena tentunya Anda tidak ingin menderita kolesterol tinggi yang berlarut-larut, bukan?

Karena itulah, kami akan membeberkan 11 makanan untuk kolesterol tinggi yang bisa membantu mengatasinya. Sehingga kolesterol Anda akan kembali normal seperti sedia kala. Berikut daftar makanan cara mengatasi kolesterol tingginya.

1. Gandum (Oats)

Sepertinya Anda perlu mengganti sarapan roti panggang dengan semangkuk bubur Oates secara rutin. Mengapa? Karena hal ini bisa menimbulkan keajaiban pada tingkat kolesterol Anda. Oats termasuk wholegrain dan mengandung serat larut yang disebut beta-glucan. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda jika Anda memiliki 3g atau lebih setiap hari. Jadi, Anda perlu menggunakan ini sebagai bagian dari diet yang sehat.

2. Olahan Kedelai

Secara alami, kedelai mengandung rendah lemak jenuh. Olahan kedelai ini faktanya mampu membantu menurunkan kolesterol. Protein khusus dalam kedelai juga tampaknya mempengaruhi bagaimana tubuh mengatur kolesterol juga. Studi menunjukkan Anda dapat menurunkan kolesterol Anda sekitar 6% dengan memasukkan sedikitnya 15 g protein kedelai per hari. Wow, luar biasa, bukan?

Akan tetapi, Anda wajib tahu olahan kedelai seperti apa yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Beberapa pilihannya: kedelai alternatif susu dan yogurt, makanan pencuci mulut kedelai, alternatif daging kedelai, kacang kedelai, kacang edamame dan tahu.

3. Kenari (walnuts)

Walnuts (kacang kenari) sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Anda bisa memasukkan beberapa genggam kacang walnut tersebut sehari dalam diet Anda. Hal ini juga bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa diet kaya kacang seperti walnut dan almond dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 10%.

4. Kacang Polong

Anda tentunya paham jika jenis kacang-kacangan biasanya sangat kaya akan serat larut. Mereka juga butuh waktu sebentar bagi tubuh untuk mencerna. Artinya Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan kacang adalah makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Dan kacang polong merupakan salah satunya yang mengandung tinggi serat dan bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

5. Tomat

Tomat, buah yang satu ini faktanya sering tidak dilihat sebagai salah satu superfood untuk kolesterol tinggi. Kenyataannya, Tomat dikenal untuk menurunkan kolesterol LDL, serta trigliserida. Karena itulah, sebabnya mengapa Anda melihat tomat pada diet sehat jantung. Salah satu hal hebat tentang tomat adalah mereka melepaskan lebih banyak lycopene ketika Anda memasaknya. Akan tetapi, Anda juga perlu mengonsumsi tomat mentah sebagai lalapan maupun bahan salad.

6. Kacang – Terutama Almond

Kacang-kacangan adalah makanan yang sangat padat nutrisi dan sering digunakan sebagai bahan makanan diet sehat segala penyakit. Mereka, terutama walnuts sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal (omega-3). Kacang almond dan kacang lainnya sangat kaya akan L-arginine, asam amino yang membantu tubuh Anda membuat oksida nitrat. Ini, pada gilirannya, membantu mengatur tekanan darah.

Terlebih lagi, kacang menyediakan pitosterol. Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus Anda. Kalsium, magnesium, dan kalium, juga ditemukan dalam kacang ini. Fungsinya yaitu mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Benar-benar sangat bermanfaat untuk menetralkan kembali kolesterol Anda, bukan?

7. Apel, Anggur, Stroberi, dan Jeruk

Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL. Akan tetapi, hindari membuat buah ini menjadi jus dengan campuran gula. Karena kandungan gula akan semakin bertambah dan justru tidak bagus untuk kolesterol tinggi Anda.

Sebenarnya, masih banyak sekali superfood yang mampu membantu Anda menurunkan kolesterol tinggi. Seperti: bayam, lemak ikan, buah beri, cokelat hitam, bawang putih, teh, ekstra virgin minyak zaitun, dan lain sebagainya. Beberapa bahan makanan di atas mampu menjawab pertanyaan Anda terkait cara mengatasi kolesterol tinggi dengan super alami.

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Efektif

cara mengatasi kolesterol tinggi

Kabar baiknya adalah, kolesterol tinggi bisa diturunkan, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Jika Anda berusia 20 tahun ke atas, uji kolesterol Anda dan bekerjalah dengan dokter untuk menyesuaikan kadar kolesterol Anda seperlunya. Akan tetapi, adakah cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa pengobatan secara medis? Tentu saja jawabannya, ADA.

Sering kali, mengubah perilaku akan sangat membantu Anda menetralkan kembali kolesterol Anda. Perlu Anda catat bahwa Perubahan gaya hidup yang sehat dan baik akan menjadi penolong Anda. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Di sini, kami akan menjabarkan gaya hidup yang wajib Anda taati demi netralnya kembali kolesterol dan menjaga keseimbangannya.

1. Makan Diet Jantung Sehat

Dari sudut pandang diet, cara terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda adalah mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. Mengurangi lemak ini berarti membatasi asupan daging merah dan produk susu yang dibuat dengan susu murni. Anda perlu memilih susu skim, produk susu rendah lemak atau bebas lemak sebagai gantinya. Ini juga berarti membatasi makanan yang digoreng dan memasak dengan minyak yang sehat, seperti minyak sayur.

Dalam diet yang satu ini, Anda perlu memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan dan kacang-kacangan. Dan jangan lupa, Anda perlu sambil mengekang makanan manis dan minuman manis. Diet tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

2. Menjadi Lebih Aktif Secara Fisik

Gaya hidup yang tidak aktif menurunkan kolesterol HDL (baik). Kurang HDL berarti ada lebih sedikit kolesterol baik untuk menghilangkan LDL (jahat) kolesterol dari arteri Anda. Dan akhirnya, kolesterol jahatlah yang akan membuat kolesterol tinggi dan menimbulkan berbagai penyakit.

Aktivitas fisik itu penting baik dengan olahraga, sekedar latihan, maupun gerakan-gerakan sederhana. Hanya 40 menit latihan aerobik (intensitas sedang hingga kuat) tiga sampai empat kali seminggu sudah cukup untuk menurunkan kolesterol. Beberapa pilihan lainnya : jalan cepat, joging, berenang, bersepeda, atau bahkan kelas dansa bisa sesuai dengan kebutuhan.

3. Berhenti Merokok

Jika Anda perokok dan menderita kolesterol tinggi, maka berhentilah merokok. Terlalu berat? Maka, biarkanlah kolesterol jahat menggerogoti kesehatan Anda dan Anda akan menyesal.

Benar sekali, merokok menurunkan HDL (baik) kolesterol. Lebih buruk lagi, ketika seseorang dengan kadar kolesterol yang tidak sehat juga merokok, risiko penyakit jantung koronernya lebih meningkat. Merokok juga menyebabkan berbagai risiko lainnya : penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Dengan berhenti merokok, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu melindungi arteri mereka.

4. Menurunkan Berat Badan Obesitas Secara Sehat

Menurunkan obestias menjadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi yang wajib dilakukan. Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan LDL (buruk) kolesterol dan menurunkan HDL (baik) kolesterol. Dengan menurunkan berat badan berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Penurunan berat badan sekecil apapun, walaupun hanya 10 persen dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol yang baik.

5. Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi oleh proses yang disebut hidrogenasi. Ini dilakukan untuk membuat lemak tak jenuh dalam minyak nabati lebih stabil. Namun pada faktanya, lemak trans yang dihasilkan tidak sepenuhnya jenuh. Tetapi terkadang padat pada suhu ruangan. Inilah sebabnya mengapa perusahaan makanan telah menggunakan lemak trans dalam produk seperti spread, kue kering dan kue . Mereka memberikan tekstur lebih dari minyak tak jenuh. Akan tetapi, justru lemak trans inilah yang harus Anda hindari karena juga meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Karena itulah, cara mengatasi kolesterol tinggi sangat dibutuhkan untuk bisa mengontrolnya.

Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Aman

cara mengatasi kolesterol tinggi

Perawatan alami atau komplementer untuk penyakit jantung sering bertujuan untuk mengontrol kadar kolesterol. Serta menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Biasanya, penelitian tentang pengobatan tradisional dengan herbal semacam itu terbatas. Akan tetapi, sebenarnya, Anda bisa menemukan obat tradisional menurunkan kolesterol dengan cepat di sekeliling Anda.

Lalu, apakah benar obat tradisional bisa menjadi cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat dan aman? Ada beberapa herbal dan penyembuhan yang wajib Anda ketahui untuk menurunkan kolesterol secara efektif, aman, dan alami.

6 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Herbal

Ginseng

Ginseng adalah ramuan yang telah digunakan dalam pengobatan Asia selama berabad-abad. Biasanya dicampur dengan herbal lain. Obat tradisional menggunakan ginseng untuk mengobati berbagai penyakit dan mendukung kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat mendukung kadar yang sehat (HDL) meningkat. Sehingga secara otomatis mampu menurunkan kolesterol jahat yang tinggi.

Ekstrak Daun Artichoke

Seperti ginseng, ekstrak daun artichoke telah lama digunakan sepanjang sejarah dalam dunia kedokteran. Dan salah satu kegunaannya yang paling populer adalah sebagai bantuan dalam mendukung kolesterol yang sehat. Dalam beberapa uji klinis, ekstrak daun artichoke telah menunjukkan dampak mampu menurunkan kolesterol jahat. Sehingga, kadar kolesterol tinggi. Anda akan semakin turun.

Benih Lenan

Meskipun bukan herbal, biji rami adalah salah satu dari makanan ajaib untuk membantu melawan banyak kondisi serius, termasuk penyakit jantung. Biji rami dapat mendukung kadar kolesterol yang sehat dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Anda dapat menemukan biji rami secara mudah dan kemudian mengolahnya untuk dijadikan ramuan penurun kolesterol jahat. Anda bisa melakukan cara mengatasi kolesterol tinggi secara reguler setiap harinya.

Astragalus

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan herbal lainnya adalah Astragalus. Astagalus telah digunakan dalam kombinasi dengan ramuan lain untuk melawan penyakit selama ribuan tahun dalam pengobatan Cina. Penggunaan utamanya adalah untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Tetapi sebagai antioksidan, Astragalus juga dapat mendukung kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Orang dengan masalah kesehatan jantung dapat menggunakan astragalus untuk mendukung kadar kolesterol yang sehat dan fungsi keseluruhan dari jantung mereka.

Tanaman Berry Hawthorn

Anda mungkin sedikit awam dengan tanaman yang satu ini.  Berry hawthorn telah menjadi bagian dari pengobatan kuno di seluruh dunia, termasuk Eropa, Amerika, dan Cina. Baik berry dan daunnya dapat dimakan. Selain itu, keseluruhan bagian tanaman bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Tanaman Hawthorn ini memiliki sifat antioksidan yang mirip dengan astragalus. Yang membantu mendukung fungsi sistem kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa hawthorn dapat mendukung kadar kolesterol total yang sehat, kolesterol LDL. Serta trigliserida yang merupakan lemak dalam darah.

Bawang putih

Sudah tidak perlu diragukan lagi dengan berbagai khasiat dari bawang putih ini sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Sebuah studi tentang keamanan dan efektivitas dari tiga persiapan bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol darah.

Anda masih mencari cara mengatasi kolesterol tinggi dengan herbal? Anda perlu mencoba terlebih dahulu kelima herbal di atas yang mampu menurunkan kolesterol jahat pada diri Anda. Selain menurunkan, kelima herbal tersebut juga mampu meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh. Jadi tunggu apa lagi? Kini saatnya Anda beraksi.

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Medis Secara Ampuh

cara mengatasi kolesterol tinggi

Adakah Cara menurunkan kolesterol tanpa obat? Berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa menurunkan kolesterol secara alami. Benar sekali. Beberapa cara alami di atas serta gaya hidup sehat akan membantu Anda menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda. Akan tetapi, apakah Anda memerlukan cara yang lebih efektif dan praktis?

Selain melakukan beberapa cara alami di atas, Anda sangat disarankan untuk melakukan cara mengatasi kolesterol tinggi dengan akses Bioenergi. Seperti apa sih Penyembuhan Bioenergi ini? Dikenal sebagai Bioenergi Healing, proses ini termasuk sebuah penyembuhan spiritual. Bioenergi Healing juga sudah terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit baik secemara umum maupun penyakit berat. Tidak hanya pada penyakit fisik saja akan tetapi juga mental, pikiran, spiritual, dan juga psikis.

Lalu, apakah Penyembuhan Bioenergi ini mampu membantu Anda menetralkan kembali kolesterol jahat? Sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi yang cepat, efektif, dan aman? Tentu saja, Bioenergi Healing bekerja secara keseluruhan tidak hanya pada pusat masalah yaitu kolesterol yang tinggi. Melalui beberapa tahapan dan proses, Anda akan langsung mendapatkan hasilnya. Berbagai manfaat juga akan segera Anda dapatkan dari Penyembuhan Bioenergi tersebut.

Anda semakin penasaran? Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Biocentrum kami di Bioenergi Center. Selain itu Anda bisa mengikuti pelatihan pemanfaatan Bioenergi Healing dan melakukan konsultasi. Hasil baik sudah menunggu Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda untuk mampu memanfaatkan Bioenergi untuk diri Anda ataupun orang lain. Anda akan segera mendapatkan cara mengatasi kolesterol tinggi yang paling ampuh dan tepercaya.

Baca juga :  Tips Menjaga Klesterol Tetap Stabil dan Sehat Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *