Cara Mengatasi Rasa Malu Berlebihan dengan Mudah

Cara Mengatasi Rasa Malu

Rasa malu merupakan hal yang sangat manusiawi bahkan MALU itu sebagian dari iman. Ketika seseorang sudah tidak memiliki rasa malu maka ia bisa melalukan berbagai cara untuk mendapatkan keinginannya. Dan hal ini tentu bisa membahayakan orang lain dan merusak tatanan kehidupan. Sebaliknya rasa malu yang berlebihan juga bisa mematikan kreatifitas, mengganggu pikiran dan merusak kehidupan seseorang. Oleh karena itu perasaan malu yang ada dalam diri setiap orang seharusnya bisa dikelola dengan baik. Cara mengatasi rasa malu yang berlebihan, membutuhkan kekuatan energi yang mampu mengubah hati dan pikiran menjadi selaras sehingga koordinasi keduanya membuat rasa malu termanage dengan baik.

Malu selain sebagai salah satu penyakit atau gangguan psikis juga merupakan manifestasi dari emosi yang sifatnya negatif. Mengelola rasa malu dengan memiliki kesadaran diri dan paham potensi yang ada dalam dirinya menjadi sangat penting. Karena rasa malu itu tidak bleh dihilangkan, keberadaannya harus tetap terjaga, namun harus dikendalikan agar tidak berlebihan. Cara mengatasi rasa malu baik yang berlebihan atau yang justru tidak memiliki rasa malu sama sulitnya. Dan perlu disesuaikan dengan tingkat emosi akal dan juga kondisi mental dan spiritual seseorang.

Secara kasat mata, maluitu akan terlihat dari sikap dan prilaku yang tidak wajar. Dan untuk mengatasinya tidak bisa dipaksakan. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan. Dan Cara Mengatsi Rasa Malu juga harus berasal dari kemauan Anda sendiri. Karena malu berlebihan sebagai penyakit psikis juga bisa dipengaruhi oleh energi negatif yang kemudian mempengaruhi hati dan pikira. Berikut ini cara untuk mengatasi rasa malu berlebihan yang mudah-mudahan memberi manfaat bagi Anda.

1. Miliki kesadaran diri

Cara Mengatasi Rasa Malu

Kesadaran diri menjadi sangat penting dimiliki setiap orang karena tidak semua orang sadar akan dirinya. Sadar akan penciptaannya, sadar siapa yang menciptakannya dan sadar atas kehidupan yang ia miliki. Dengan kesadaran diri inilah akan seseorang bisa menemukan kunci untuk memahami diri juga potensinya.

Untuk mendapatkan kesadaran diri secara sempurna tidak mudah, setidaknya dengan kesadaran diri seperti yang diajarkan di Bioenergi Center termasuk dalam program Bioenergi Healing setiap orang bisa meraihnya dengan cepat. Karena Ilmu Bioenergi itu sendiri merupakan seni menyadari diri. Yang akan mengajarkan setiap orang paham keberadaan diri dan juga tujuan penciptaanny sehingga mampu mengelola diri dan potensinya agar bisa mendatangkan berbagai kebaikan.

2. Percayalah Pada Diri Anda Sendiri

Perasaan malu bisa muncul karena Anda tidak percaya pada diri Anda sendiri dan melihat orang lain lebih baik daripada Anda, sehingga Anda malu untuk menunjukkan kemampuan kepada orang lain. Maka dari itu, carilah cara mengatasi rasa malu, agar tidak keterusan. Percayalah bahwa Anda juga berhak untuk dipercaya juga oleh orang lain.

Dengan meningkatkan kepercayaan diri, maka Anda bisa melihat potensi diri Anda dan mampu melejitkan potensi menjadi jalan meraih berbagai kebaikan dan peningkatan kualitas hidup.

3. Temukan Kelebihan yang Ada Pada Diri Anda

Salah satu cara untuk mengatasi rasa malu Anda sebaiknya mengetahui apa kelebihan Anda. Kelebihan tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai ‘pegangan’ bagi Anda untuk memunculkan keberanian menunjukkan diri di hadapan orang lain. Tapi bukan menyombongkan diri atas kelebihan Anda itu. Namun Anda bisa menjadikan kelebihan itu sebagai pegangan bahwa Anda juga memiliki sesuatu yang kuat dalam diri Anda.

Teruslah memperbaiki diri sehingga akan membuat Anda bisa menjadi semakin baik dan semakin baik lagi. Untuk meningkatkan kualitas diri Anda bisa lebih fokos memperhatikan Anda dari sisi kelebihan Anda. Agar potensi diri semakin terasah bisa menutup hal-hal yang menjadi kekuarangan Anda. Bila perlu merubah apa yang menjadi kekuranagn Anda juga menjadi jalan untuk meraih harapan Ana. Sehingga Anda bisa menemukan cara mengatasi rasa malu dengan lebih baik.

4. Cara Mengatasi Rasa Malu dengan Menjadi Pusat Perhatian.

Cara Mengatasi Rasa Malu

Jangan Biasakan sembunyi dari keramaian orang banyak. Sesekali jadikan diri Anda pusat perhatian karena sesuatu yang positif. Tidak ada yang salah dengan menjadi pusat perhatian , yang terpenting, jangan jadi perhatian karena kesalahan dan kesulitan Anda atau karena hal-hal yang negatif. Dengan menjadi pusat perhatian akan meningkatkan kepercayaan diri, karena Anda akan merasa bahwa diri Anda berharga. Karena Anda bisa menjadi contoh atau setidaknya ada dari bagian diri Anda yang bisa menginspiorasi orang lain.

Dengan menjadi pusat perhatian juga akan memberikan Anda tambahan energi yang akan membuat perasan Anda merasa diakui. Pengakuan ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda terus meningkat.

5. Lapangkan Hati Anda Saat Menerima Kritik

Jangan takut terhadap kritik orang lain. Ingat, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Justru seharusnya kita merasa bersyukur ketika ada kritik datang kepada kita. Karena itu berarti ada orang lain yang peduli pada kita dan memperhatikan kita dan ingin kita menjadi lebih baik.Hanya saja untuk menerima kritik kita perlu kesiapan mental dan harus melapangkan hati.

Belajarlah berpikir dewasa dan mau berlapang hati untuk menerima kritik. Dengan Anda mau dan siap menerima kritik, Anda telah menghargai orang lain sekaligus menghargai diri Anda sendiri. Sehingga Anda akan terbebas dari rasa khawatir berbuat salah. Hal ini akan mengurangi rasa malu untuk memulai melakukan sesuatu dan tetap melakukan yang terbaik dan terus merubah diri menjadi lebih baik.

6. Buat afirmasi positif dan sugesti baik bagi diri Anda sendiri

Lakukan afirmasi diri dengan kata-kata positif akan memberikan sugesti yang baik bagi pikiran. Bahkan afirmasi positif mampu menembus alam bawah sadar Anda dan menjadikan kata-kata dalam afirmasi itu menjadui kekuatan atau energi yang sangat mungkin bisa dirubah menjadi kenyataan. Jika Anda ingin mengatasi rasa malu yang berlebihan, membangun mental positif melalui afirmasi positif akan sangat membantu.

7. Persiapkan Diri Anda untuk Segala Kemungkinan

Cara Mengatasi Rasa Malu

Anda pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan ‘ketika Anda gagal melakukan persiapan, maka Anda mempersiapkan untuk gagal’. Well, terkadang kurang persiapan itulah yang membuat Anda menjadi khawatir, tidak percaya diri dan takut gagal sehingga timbul rasa malu dan ragu untuk mencoba. Malu bisa muncul akibat persiapan yang kurang sehingga tanpa sengaja kita mendapatkan malu. Dan apabila karena kesalahan atau kegagalan yang terjadi akibat kurang persiapan maka bisa mendapatkan malu yang bahkan bisa merusak reputasi dan menghancurkan harga diri.

Oleh karena itu  persiapkan diri Anda untuk menghadapi segala kemungkinan dan berbagai situasi yang sewaktu-waktu terjadi. Sehingga Anda tahu bagaimana harus bersikap atau bereaksi ketika terjadi sesuatu di luar kendali. Dan Anda juga bisa mengatasi kondisi dan terhindar dari rasa malu yang akan merugikan Anda sendiuri.

8. Belajarlah dari Orang Lain yang Lebih Berpengalaman

Ada banyak hal yang membuat seseorang tampak aktif dan percaya diri. Bisa jadi karena ia memiliki banyak pengalaman, pengetahuan dan memang memiliki rasa percayadiri yang tinggi. Bahkan orang tersebut bisa membawa dirinya ke segala lingkungan pergaulan dan berbagai komunitas. Seolah dia tahu semua hal yang Anda ingin tahu dan Anda tidak tahu.

Anda bisa belajar pada orang seperti itu, karena hati dan pikirannya berisi hal positif. Ketika berada dalam lingkungan baru ia akan berpikir bahwa ia telah keluar dari kejenuhan dan akan mendapat hal baru. Dan penagalaman sebelumnya telah dihimpunnya untuk di sesuaikan dengan hal baru dan kondisi yang ada. Sehingga Ia akan terlihat percaya diri dan mempunyai pembawaan yang smart dan penuh inspirasi. Belajar pada orang seperti ini akan membuat Anda memiliki perbandingan positif dan memicu semangat Anda untuk beusaha menjadi lebih baik. Dengan begitu Anda juga punya cara mengatasi rasa malu yang Anda miliki ketika harus berhadapan dengan situasi baru, hal asing dan mungkin komunitas baru.

9. Keluarlah dari zona nyaman

Tidak kita pungkiri berada dalam zona nyaman adalah bagian dari kenikmatan hiduup. Namun jangan terlalu terhanyut dalam zona nyaman itu karena hidup terus berjalan. Dan seringkali ketika seseorang sedang berada di zona nyaman akan menjadi lupa untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik. Karena sesungguhnya zona nyaman justru mengharuskan kita melakukan introspeksi untuk melakukan hal yang lebih besar dan lebih baik serta lebih bermanfaat.

Dengan keluar dari zona nyaman dan Anda kembali menyusun rencana lanjutan yang lebih besar maka akan membuat Anda berani tampil di hadapan orang banyak. Tidak memikirkan rasa malu karena Anda paham ada tanggung jawab kehidupan yang lebih besar dan Anda harus melanjutkannnya. Bukankah setiap hal dalam hidup ini ada konsekuensinya. Ada peluang, potensi dan ada resikonya? Dengan keluar dari zona nyaman Anda akan lebih mudah menemukan tujuan Besar dan memiliki energi meraihnya.

10. Yakini bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini

Cara mengatasi rasa malu yang tidak kalah penting untuk dipraktekkan adalah memahami bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Artinya setiap hal ada kelebihan dan kekurangannya. Kesalahan tidak mutlak 100% salah. Demikian pula sebuah kebenaran tidak mutlak 100% benar. Sehingga dengan memahami itu akan membuat seseorang mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian. Bahkan akan membuat seseorang bisa memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Dan hal ini akan mengentaskan rasa malu yang berlebihan dari seseorang karena akan membuat orang bisa memiliki permakluman atas setiap kejadian.

Artinya mampu menguatkan hati dan meningkatkan percaya diri. Dengan kepercayaan diri dan bekal pemahaman tidak adanya hal yang sempurna akan membuat kita berpikir selalu ada jalan, selalu ada cela untuk menuju ke kebaikan atau tujuan. Kalaupun ada rasa malu rasa malu bisa hilang kalau pun kita gagal ada peluanguntuk sukses dan kita bisa melihat semua itu dari sudut pandang yang berbeda.

11. Berpikirlah yang Positif

Semua berawal dari pikiran Anda. Sebagaimana dalam hukum bioelektromagnetik. Jika Anda berpikiran buruk atas suatu hal, bisa jadi hasilnya akan benar-benar buruk dan sebaliknya.. Maka cobalah untuk terus berpikiran positif. Dengan berpikir positif mampu menjaga hati dan pikiran, menguatkan mental dan meningkatkan kepercayaan diri. Sehingga pikiran positif bisa menjadi solusi atau cara menghiloangkan rasa malu yang berlebihan.

12. Tingkatkan kualitas diri Anda

Cara lain yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi rasa malu adalah dengan meningkatkan kualitas diri. Untuk meningkatkan kualitas diri kita harus mampu mengasah setiap kemampuan kita,memgelola potensi yang ada dalam diri untuk menjadi lebih baik. Dengan kualitas diri yang terus berkembang pikiran berkembang, kreativitas meningkat, produktivitas meningkat sehingga mampu menjadikan perubahak positif sebagai cara mengatasi rasa malu.

Untuk meningkatkan kualitas diri Anda bisa mengikuti pelatihan pengembangan diri dan juga pelatihan yang mengajarkan Anda mengelola potensi diri. Seperti dalam pelatihan di Bioenergi Center. Baik dalam program Bioenergui Healing (Gratis) maupun dalam program pelatihan reguler lain seperti Zona Kaya, Gemblenagan Ilmu Metafisik dan pelatihan Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB