Depresi Gejala & Pengobatan Yang Bisa Di Lakukan

Depresi

Depresi adalah gangguan  psikis yang berkaitan dengan suasana hati (mood) yang ditandai adanya perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Setiap orang pasti pernah merasa sedih atau murung dalam hidupnya meski hanya sesekali. Hal tersebut normal dan sangat manusiawi. Namun seseorang dinyatakan mengalami depresi, jika sudah mengalami gangguan psikis paling tidak 2 minggu yang ditandai dengan: merasa sedih, putus harapan, atau tidak berharga. Kondisi ini bisa menyebabkan efek yang lebih buruk pada penderitanya, yaitu produktivitas kerja menurun, hubungan sosial terganggu, hingga keinginan untuk menyakiti dirinya sendiri bahkan bunuh diri.

Meski depresi bisa terjadi pada siapa saja namun dalam banyak kasus depresi lebih sering dialami oleh orang dewasa. Penyebabnya seacara pasti belum diketahui namun seringkali depresi berhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan zat kimia di otak. Depresi juga bisa dipicu oleh peristiwa traumatis,memiliki penyakit kronis atau serius, ketergantongan narkoba, mengkonsumsi jenis obat tertentu, atau memiliki riwayat gangguan mental lainnya.

Gejala Depresi dan Pengobatannya

Gejala depresi yang timbul bukan hanya sekedar rasa sedih atau tidak peduli sesaat.pada banyak kasus gejala depresi dapat dilihat dari 2 aspek  yaitu psikologi dan fisik.

Dari aspek  psikologis, gejala depresi meliputi :

  1. Selalu dibebani rasa bersalah.
  2. Selalu merasa putus asa, rendah diri dan tidak berharga.
  3. Selalu merasa cemas dan khawatir yang berlebihan.
  4. Memiliki suasana hati yang buruk atau sedih secara berkelanjut
  5. Sensitif, mudah marah dan mudah menangis
  6. Sulit berkonsentrasi, berpikir dan mengambil keputusan.
  7. Tidak tertarik pada apapun
  8. Tidak memiliki motivasi hidup
  9. Mudah menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri

Adapun dari aspek fisik gejala depresi ditandai dengan  :

  1. Sering merasakan kelelahan panjang dan bahkan sampai kehilangan tenaga.
  2. Tidak berselera makan.
  3. Mengalami gangguan tidur bisa insomnia atau tidur terus dalam waktu yang lama.
  4. Sering pusing atau merasakan nyeri yang tidak jelas alasannya.
  5. Terlihat lelet dan bahkan lambat dalam berbicara
  6. Tidak ada gairah seksual
  7. Perubahan drastis pada berat badan

Semua gejala tersebut merupakan gejala depresi yang bersifat umum, namunbiasanya untuk tingkat depresi yang berbeda juga memiliki gejala yang berbeda.DAlam hal ini gejala depresi pada masing masing penderitanya berbeda yang dipengaruhi tingkat keparahan yang dialaminya.

Pada penderita depresi ringan dapat mengakibatkan hubungan sossial menjadi terganggu dan pada kasus depresi berat, biasanya mereka sudah tidak bisa menjalankan aktivitas normal seperti sebebelunya dan tidak bisa membina hubungan dengan orang lain.

Bagaimana dengan pengobatan Depresi?

Dalam pengobatan medis biasanya dokter akan melakukan evaluasi kejiwaan terhadap gejala yang dialami, pemikiran,perasaan, serta pola tingkah laku penderita.Selanjutnya akan diambil tindakan tertu.

Untuk penanganan terhadap penderita depresi yang telah dinyatakan positif menderita depresi bisa dilakukan melalui:  psikoterapi, obat-obatan, terapi kejut listrik atau stimulasi magnet. Untuk metode pengobatan dan penanganan  yang diberikan biasanya dipilih berdasarkan kondisi pasien. Baik kondisi fisik maupun psikisnya, dan semua bisa dilihat dari latar belakang gejalanya.

Pengobatan Metode Psikoterapi

Pengobatan depresi dengan metode psikoterapi dilakukan oleh psikiater dimana ia akan membantu penderita depresi dalam mengatasi aspek sudut pandang negatif terhadap situasi yang dialaminya, pengalaman yang membuat tertekan dan mengganggu pikirannya, komunikasi dan hubungan dengan orang lain, juga bagaimana mengatasi emosinya.

Obat Anti Depresi

Sementara itu Obat Antidepresi diberikan untuk membantu mengatasi gejala depresi. Antidepresan memperbaiki cara otak dalam menggunakan zat kimia otak untuk mengendalikan suasana hati.

 Terdapat beberapa jenis obat antidepresan untuk mengatasi depresi, yaitu:

  • Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), contohnya escitalopram dan fluoxetine.
  • Serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIs), contohnya duloxetine, dan venlafaxine.
  • Tricyclic antidepressant, contohnya
  • Monoamine oxidase inhibitors (MAOIs), contohnya phenelzine dan isocarboxazid.

Obat antidepresan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 minggu untuk bekerja dan meredakan gejala yang dirasakan oleh penderita depresi. Konsumsi obat juga membutuhkan waktu yang lama, yaitu 6 bulan hingga 1 tahun, dan penghentiannya harus berdasarkan anjuran psikiater. Psikiater akan mengurangi dosisnya secara bertahap. Bila konsumsi obat dihentikan secara tiba-tiba, bisa mengakibatkan gejala depresi akan muncul kembali.

Terapi Kejut Listrik

Terapi kejut listrik diberikan jika pemberian obat belum dapat meredakan gejala depresi. Dalam terapi kejut listrik atau electroconvulsive therapy (ECT) gelombang listrik akan dialirkan ke tubuh untuk memengaruhi kerja otak. Sehingga gejala depresi mereda. ECT juga dapat dilakukan pada pasien yang berisiko tinggi untuk bunuh diri.

Stimulasi Magnet

Selain ketiga terapi di atas, stimulasi magnet juga dapat dilakukan pada penderita depresi yang tidak memberikan respons terhadap obat antidepresan. Terapi ini mengirimkan sinyal magnetik untuk merangsang sel-sel saraf di otak yang mengatur suasana hati. Penderita depresi yang parah perlu dirawat di rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk memantau dan melindungi penderita hingga suasana hatinya berubah menjadi lebih baik.

Pengobahan Depresi dengan Bioenergi Healing.

Jika Anda ingin mengobati depresi tanpa menggunakan obat, tanpa rasa sakit yang menyiksa Anda bisa dengan memanfaatkan energy kehidupan yang ada dalam diri Anda melalui program Bioenergi Healing. Dalam program Bioenergi Healing Anda akan memperoleh proses bioenergi cleansing secara gratis yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan depresi. Anda hanya tinggal mengikuti program, menjalankan petunjuk dan mempraktekkan materi yang ada didalamnya.

Apalagi dalam Bioenergi Cleansing Anda akan mendapatkan Bioenergi Cleansing Adjustment yang sangat bermanfaat untuk menetralisir energy negative dan membersihkannya dari pikiran dan hati. Sehingga mampu membersihkan berbagai gangguan pikiran termasuk pikiran negative dan kondisertentu yang menghambat berbagai hal yang mengakibatkan tekanan dan kekacauan pikiran penyebab depresi.

Anjuran:

Jika Anda telah melakukan berbagai metode pengobatan dan ingin sembuh dari depresi dengan cepat, Anda bisa meningkatkan kualitas energi dengan mengikuti program Bioenergi Rebooting. Dan apabila ingin mendapatakan peningkatan kualitas energy secara praktis dan efektif selain mengikuti Bioenergi Healing sebaiknya dibarengi dengan minum Kapsul Penyembuhan Bioenergi dari Bioenergi Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB