Penyakit Dendam dan Bagaimana Mengatasinya Agar Tidak Berbahaya

Penyakit Dendam

Dalam KBBI dendam mengandung arti berkeinginan keras untuk membalas (kejahatan dan sebagainya). Penyakit dendam merupakan penyakit sipiritual dan juga penyakit hati yang sangat berbahaya. Kebanyakan rasa dendam memicu tindakan berbahaya bahkan anarkis dalam pelampiasannya. Penyakit dendam juga didasari kebencian, emosi, amarah dan sakit hati serta iri dengki, sehingga untuk mengatasinya seseorang harus mampu membersihkan energi negatif yang menjadi penyebabnya.

Penyakit dendam muncul dalam didi seseorang seringkali dipicu oleh kemarahan. Dimana kemarahan itu sendiri merupakan manifestasi dari rasa sakit hati, kesal, sedih termasuk luka batin yang sulit terobati. Sementara itu rasa sakit hati yang kemudian melahirkan dendam ini muncul karena seseorang mendapat perlakuan yang tidak sesuai dengan harapannya. Kemudian ia merasa perlu untuk membalasnya agar merasa setara. Namun bisa juga rasa sakit hati itu muncul karena ego. Dimana seseorang menempatkan egonya terlalu tinggi. Dan kenyataannya egonya tersebut tidak sebanding dengan kepercayaan diri yang sudah terbentuk di dalam dirinya.

Apapun penyebabnya dendam yang ada dalam diri seseorang harus dihilangkan. Karena keinginan membalas dendam selain hanya mengotori hati, membuat gelisah dan mengusik ketenangan hidup hanya akan menghasilkan hal negatif. Jika karena sakit hati dendam sulit dihilangkan, kendalikan diri dan emosi dengan sekuat tenaga. Kemudian meredamnya serta menghilangkannya. Berikut ini cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa dendam dan keinginan untuk membalas dendam:

Penyakit Dendam
1 Kendalikan emosi

Untuk dapat mengendalikan emosi, seseorang harus punya kesadaran diri yang tinggi. Kemudian menyadari keberadaan emosinya itu serta punya keinginan untuk mengelola emosi dengan baik. Adapaun cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi untuk meredam perasaan dendam bahkan keinginan untuk membalas dendam bisa dengan cara sebagai berikut:

Pertama, Ketahuilah hal-hal yang bisa dengan mudah  memicu emosi Anda.

Saat ada keinginan membalas dendam muncul karena Anda merasa dihina oleh orang yang bersikap buruk kemudian menyulut emosi Anda atau Anda merasa malu karena hal itu maka kendalikan hati Anda. Dan redam emosi dan kemarahan agar keinginan membalas dendam sirna.  Dan sadarilah bahwa emosi Anda bisa membawa Anda pada kesalahan dalam mengambil keputusan dengan begitu Anda akan mampu meredam dendam di hati.

Kedua, Tulislah perasaan Anda.

Dengan mengungkapkan apa yang Anda rasakan dalam kata-kata dan tulisan Maka Anda akan memahami perasaan dan menenangkan pikiran. Selain mengurangi beban perasaan, cara ini juga bisa meredakan keinginan membalas dendam.

Jika Anda tidak suka mengungkapkan perasaan secara tertulis, ceritakan kepada seseorang apa yang Anda alami, misalnya kepada teman dekat atau anggota keluarga. Jelaskan apa yang sedang Anda rasakan, siapa yang sedang bermasalah dengan Anda, mengapa Anda ingin membalas dendam, apa yang akan inginkan dengan membalas dendam. Namun dianjurkan untuk mengungkapkan kepada orang yang Anda anggap bijak sehingga ia bisa memberikan saran terbaik.

Ketiga, Berzikir atau melakukan meditasi.

Saat perasaan ingin membalas dendam muncul, redakanlah dengan melakukan ibadah dengan iklas, kemudian sert5ai juga dengan zikir agar hati menjadi tenang, emosi teredam dan pikiran lebih fres. Bagi Anda yang non muslim bisa melakukan meditasi, karena dengan meditasi Anda akan merasa lebih rileks sehingga hati dan pikiran terjaga dan emosi bisa mereda.

Keempat , Ucapkan kata –kata afirmasi positif berulang-ulang untuk menenangkan diri.

Karena emosi negatif cenderung sulit diatasi dan membuat Anda merasa tertekan. Dalam situasi seperti ini, ucapkan berulang-ulang afirmasi positif kepada diri sendiri untuk mengingatkan bahwa Anda mampu mengendalikan respons yang akan Anda berikan, walaupun Anda tidak bisa mengendalikan keadaan. Misalnya ucapkan kata-kata afarmasi berikut:

  • ”Keadaan akan segera membaik.”
  • ”Aku mampu mengendalikan diri saat menghadapi perbuatannya.”
  • ”Aku yakin aku mampu mengatasi keadaan ini.”
  • ”Semua ini hanya sementara.”
  • “Semua akan lebih baik”

2. Gunakan cara-cara lain yang berbeda

Penyakit Dendam

Ketika Anda sudah paham karakter diri Anda sendiri juga kemarahan Anda atau emosi Anda maka sebaiknya gunakan cara-cara lain yang berbeda dalam mengendalikan diri. Sehingga emosi terkelola dengan baik kemarahan bisa segera diatasi dan hal-hal yang menyulut kebencian bisa di tanggulangi dengan baik. Untuk itu Anda bisa gunakan cara berikut:

Pertama, Salurkan kemarahan dengan cara yang bermanfaat.

Secara alamiah kemarahan dan kebencian cenderung memicu keinginan membalas dendam. Untuk meredamnya Anda harus bisa menemukan cara tepat untuk menyalurkan perasaan negatif tersebut. Untuk itu lakukan aktifitas yang menyenangkan yang mampu membuat perasaan rileks, dan menumbuhkan perasaan bahagia. Seperti Mendengarkan musik, memasak, nonton, pergi ke salon, belanja dan sebagainya.

Kedua, tingkatkan kualitas diri.

Ketika Anda merasa sakit hati karena orang yang merendahgkankan Anda, tidak perlu membalas dendam dengan cara merendahkannya juga. Pilihlah cara yang lebih terhormat dengan meningkatkan kualitas diri Anda menjadi orang yang lebih baik, lebih sehat, lebih produktif dan lebih berhasil dalam hidup. Tunjukkan hasil terbaik dari aktivitas yang Anda lakukan sehingga orang lain tidak punya celah untuk mengejek Anda. Memalui cara ini Anda akan merasakan kemenangan karena mampu mencapai sesuatu yang hebat dan lebih baik sehingga mampu menghentikan orang yang merendahkan Anda.

Ketiga, Tulislah apa yang akan Anda lakukan untuk membalas dendam lalu robek-robek atau bakar catatan tersebut.

Anda boleh menuliskan cara apapun, susun stragegi membalas dendan yang ingin Anda lakukan sedetail mungkin. Dengan cara ini hati Anda akan merasa puas seolah Anda sedang melampiaskan dendam Anda. Baru setelah itu bakar atau robek robek tulisan Anda dan hanyutkan atau Anda kubur, Dengan cara tersebut Anda juga memusnahkan keinginan Anda membalas dendam. Sibolisasi ini akan mampu membuat hati Anda lebih nyaman, perasaan Anda ledga dan Anda terbebas dari dosa membalas dendam.

Keempat, Buatlah hubungan harmonis dengan pasangan atau keluarga.

Penyakit Dendam

Hubungan yang harmonis yang mengalirkan kasih sayang dan ketulusan akan menumbuhkan rasa damai dan hal ini bisa membawa dampak melembutkan hati. Sehingga akan mampu meredam keinginan untuk membalas dendam.

Kelima, Memaafkan dan biarkan masalah berlalu.

Seiring waktu berjalan secara alami, emosi negatif akan reda dan keinginan membalas dendam akan berkurang. Jika hari Anda mampu memberikan empati kepada orang yang menyakiti Anda dan memaafkannya, maka hati Anda akan lebih tenang. Perasan pun lega dan Anda akan merasa bebas dari tekanan dan himpitan berat. Dengan memaafkan tersebut akan meredam keinginan Anda untuk membalas dendam. Pertimbangkan pula keuntungan dan akibat apabila Anda benar-benar melakukan tindakan balas dendam. Sehingga jika Anda berpikir Anda hanya akan mendapatkan kepuasan diri sesaat namun dosa dan berbagai dampak negatif lainnya, untuk apa membalas dendam. Memafkan adalah jalan indah yang bisa Anda lalui.

3. Berbuat baik

Untuk poin ketiga ini tidak mudah dilakukan. Ketika seseorang terlanjur disakiti atau sakit hati atau dihina dan dikecewakan pasti akan memunculkan rasa keinginan untuk membalas dendam walaupun hanya sedikit. Namun apabila kita bisa dengan rasa iklas dan penuh keterbukaan dan mencerna hinaan ataupun hal yang membuat kita sakit hati dengan cara yang berbeda yaitu positif tinking, maka kita akan mampu memngambil hikmah.

Apabila Anda mampu melakukannya, bahkan bisa membalikkan perasaan Anda sendiri sehingga keinginan membalas dendam yang ada mampu Anda rubah menjadi rasa empati kepada orang yang menghina Anda maka Anda akan mampu berbuat baik. Dan perbuatan baik Anda justru akan menjadi sock terapi orang yang menyakiti Anda.

Dalam hal ini selain Anda mendapatkan kebaikan juga, Anda juga menjadi jalan kebaikan bagi orang lain. Sekali lagi ini tidak mudah dilakukan dan siapapun akan merasa sulit dan berat melakukannya, namun apabila Anda berhasil menaklikkan ego Anda sendiri, mampu mengelola emosi dengan baik, energi positif akan mengalir. Sehgingga perasaan dendam akan sirna dan berganti menjadi ketulusan dan akan menarik kebaikan-kebaikan dalam hidup Anda.

Rekomendasi:

Cara mudah untuk meredakan keinginan membalas dendam dan mengobati penyakit dendam dalam diri dimulai dengan menumbuhkan kesadaran diri. Kemudian mampu mengelola emosi dan membersihkan diri dari energi negatif. Yang bisa menimbulkan pikiran negatif termasuk keinginan membalas dendam dan berbagai tindakan negatif lainnya. Selanjutnya Anda harus bisa meningkatkan kualitas diri Anda, sehingga tidak ada kesempatan bagi orang lain untuk menghina dan menyakiti hati Anda dan memunculkan perasaan ingin membalasnya.

Semua proses seperti diatas bisa Anda dapatkan hanya dengan satu jalan, yaitu mengikuti program Bioenergi Healing. Dengan mengikuti Program Bioenergi Healing baik level 1 maupun Level 3  untuk peningkatan kualitas diri dan kualitas energi. Juga untuk pengembangan potensi yang Anda miliki, Anda akan paham apa itu Bioenergi. Bioenergi adalah seni menyadari diri, sehingga ketika Anda sudah belajar ilmu Bioenergi seperti pada Bioenergi Healing Anda akan dengan mudah memunculkan kesadaran diri tertinggi Anda.

Kemudian melalui Bioenergi Cleansing Adjustment dalam Bioenergi Healing level 1, Energi negatif akan dibersihkan sehingga Anda akan lebih tenang dan damai dalam menjalani hidup. Pikiran jernih dan mampu meredakan emosi negatif juga pikiran negatif bahkan mampu mengelola emosi dan potensi diri dengan lebih baik. Selanjutnya apabila kemudian Anda mengikuti program lanjutan Bioenergi Rebooting yang didalamnya terdapat Bioenergi Rebooting Adjustment untuk peningkatan kualitas energi, Anda akan lebih mampu menjadikan masalah menjadi peluang untuk kebaikan-kebaikan hidup Anda. Hidup lebih berkualitas, lebih sehat, bahagia dan pruduktivitas kerja meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB