Penyakit Maag Mengganggu? Ini Dia Cara Penyembuhannya!

Penyakit Maag

Anda punya penyakit maag? Kenali tanda-tandanya dan jangan pernah Anda anggap sepele. Karena penyakit maag ini apabila tidak disembuhkan dengan tuntas bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang berbahaya. Mengapa? Karena  penyakit yang dikatakan sebagai penyakit rakyat jelata ini bersarang di dalam perut, dekat dengan organ dalam yang penting dalam proses metabolisme juga peredaran darah. Jangan Biarkan Penyakit Maag mengganggu aktivitas harian Anda apalagi menjadi kronis, Segera upayakan cara penyembuhannya.

Dalam wikipedia.org dijelaskan bahwa Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Sskit maag bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, atau bisa juga karena efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Seseorang yang menderita penyakit maag biasanya akan mengalami gejala atau tanda-tanda sebagai berikut:

  • Perut kembung dan terasa penuh
  • Mudah kenyang
  • Mual saat makan
  • Sering sendawa
  • Intoleransi terhadap makanan berlemak
  • Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit
  • Naiknya asam lambung
  • Penurunan berat badan
  • Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada

*******

Selain itu, ada pula gejala atau ciri-ciri penyakit maag yang terbilang berbahaya dan perlu segera diatasi: mual dan muntah secara terus menerus, tinja berwarna gelap atau mengandung darah, muntah darah, nyeri perut yang tiba-tiba dan terasa begitu menyakitkan, sulit bernapas dan anemia.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Maag

Penyakit Maag

Dalam alodokter.com dikatakan bahwa, Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit maag sedinimungkin. Yaitu dengan cara mengubah pola hidup sehat sebagi berikut:

  • Menghindari konsumsi makanan pedas

Hindarilah makanan penyebab sakit maag. Hal ini termasuk menghindari makanan tinggi lemak, makanan yang pedas, dan makanan yang asam.

  • Hindari konsumsi minuman tertentu

Untuk mencegah penyakit maag, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi minuman bersoda, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman beralkohol karena dapat mengiritasi lambung.

  • Berhenti merokok

Perokok diketahui lebih berisiko terkena sakit maag dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Jenis Penyakit Maag

 

Ternyata penyakit maag terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Gastritis Akut

    • Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
  • Gastritits Kronis

    • Lambung penderita maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:

  • Ringan

    • Penyakit maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Sedang

    • Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Kronis

    • Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung

    • Kanker lambung terjadi akibat mikroorganismeyang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Penyebab Maag

Penyakit Maag

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Pengobatan

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi maag antara lain:

  1. Antasida(Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  3. Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  4. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  5. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  6. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  7. Simetidin (Mengobati dispepsia)

Adapun minuman dan makanan yang harus dihindari oleh penderita maag meliputi:

  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, anggur putih, sari buahsitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica(makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Model makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kuetar, coklat, dan keju.
  4. Jenis makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Kelompok makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
  • Sayur-sayurantertentu seperti sawi dan kol
  • Buah-buahantertentu seperti nangka dan pisang ambon
  • Jenis makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  • Kategori minuman yang mengandung banyak gas(seperti minuman bersoda).

Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permenkhususnya permen karet serta merokok.

Penyembuhan Penyakit Maag

Penyakit Maag

Dengan mengkonsumsi obat maag, biasanya rasa nyeri di perut, muali, perih akibat maag akan berkurang. Namun maag sulit diatasi apabila hanya denganobat. Apalagi apabila seseorang yang mengalami penyakit maag tidak bisa menjaga kondisi pikiran. Karena pikiran yang tegang, akibat banyak berpikir berat dan stres akan sangat mudah memicu datangnya maag. Karena kondisi pikiran yang terganggu apalagi stres akan sangat mungkin membuat orang malas makan. Nafsu makan hilang dan ahirnya mengakibatkan perut kosong dan tidak ada makan yang bisa di cerna oleh lambung. Perut perih, melilit bahkan ada luka di lambung sehingga mengganggu kesehatan.

Jika ini yang terjadi maka mencari cara yang tepat danefektif untuk penyembuhan maag harus dilakukan. Penyakit maag ini memang termasuk salah satu penyakit fisik, namun pemicunya bukan hanya dari gangguan fisik semata. Ada juga pengaruh dari pikiran yang kemudian mengakibatkan stres sehingga mengganggu siklus energi dalam tubuh. Untuk itu penyembuhan secara energi dengan Bioenergi Healing bisa dilakukan.

Karena melalui program Bioenergi Healing Anda akan mendapatkan Bioenergi Cleansing Adjustment yang bermanfaat untuk pembersihan diri. Yaitu pembersihan diri dari energi negatif termasuk pembersihan hati dan pikiran. Sehingga bersihnya tubuh dari energi negatif ini juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh. Melalui Bioenergi Healing juga Anda dapat

Namun jika Anda memerlukan solusi penyembuhan yang cepat dan efektif Anda bisa memanfaatkan produk solusi Bioenergi. Terutama yang bermanfaat langsung untuk penyembuhan yaitu Kapsul Penyembuhan Bioenergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB