Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru paru sangat bergam jenisnya dan beberpa jenis gangguan kesehatan di daerah paru-paru sangat berbahaya. Karena paru-paru memilikiperan yang sangat penting bagi proses kehidupan manusia maka gangguan pada paru-paru sangat rentan menimbulkan komplikasi. Apalagi fungsi utama paru-paru ini berkaitan dengan pernafasan. Sehingga gangguan sekecil apapun apabila sudah masuk dalam kategori Penyakit paru-paru harus mendapat penaganan serius.

Diantara jenis-jenis penyakit paru-paru yang secara umum dikenal masyarakat antara lain:

  • Penyakit paru-paru basah
  • Radang Paru-Paru
  • Asma
  • Bronkitis
  • Tuber colosis (TBC)
  • Kanker paru paru
  • Abses paru
  • Dan Lain-Lain

Apapun jenis nya baik itu penyakit paru-paru ringan ataupun berat, penanganan intensif akan sangat menentukan penyembuhannya.

Berikut ini gambaran jenis-jenis penyakit paru-paru yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit paru-paru basah

Penyakit Paru-Paru

Paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit akibat infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara atau pada alveolus di salah satu bagian paru-paru, atau bahkan keduanya. Penyakit ini dapat disebabkan oleh serangan (infeksi) virus, jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan.

Pada kasus penyakit Paru-paru, paru paru basah merupakan penyakit yang bisa tergolong ringan atau menjadi serius sebagaimana dapat membahayakan nyawa penderita. Walau begitu, paru-paru basah dapat dicegah dari sekarang, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri demi mencegah penularan kuman, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan berhenti merokok.

Penyebab, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Paru-Paru Basah

Dari alodokter.com,  disebutkan bahwa ciri-ciri paru-paru basah memiliki tahapan yang bervariasi yang dimulai dari ringan hingga berat. Ciri-ciri paru-paru basah terlihat dari kondisi alveolus yang terisi cairan atau nanah yang menyebabkan penderita kesulitan bernapas.

Paru-paru basah pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebagian kecil kasus lain dikarenakan serangan virus. Pneumonia akibat bakteri dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik melalui diagnosis yang tepat oleh dokter.

Paru-paru basah menjadi penyakit yang mulai dinyatakan serius umumnya saat menjangkiti anak-anak dan seorang penderita penyakit paru yang sudah lama atau kronis. Untuk itu, vaksinasi pneumonia dapat diberikan agar terhindar dari jenis-jenis pneumonia dan penyakit mematikan lainnya.

Gejala paru-paru basah terlihat dengan kemunculan sejumlah gangguan, antara lain:

  • Nyeri dada yang bertambah parah ketika batuk
  • Batuk kering atau disertai dahak dan mengi
  • Napas cepat dan kesulitan bernapas (asma)
  • Demam, menggigil, dan sering berkeringat
  • Nyeri otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Jantung berdebar

Bila sejumlah gejala tersebut muncul, segera hubungi dokter atau mencari pertolongan medis di klinik kesehatan terdekat. Disarankan juga untuk segera memeriksakan diri kepada dokter jika mengalami gejala-gejala lain berupa warna kulit membiru karena kekurangan oksigen, kerap merasa linglung, batuk berdarah, serta demam tinggi di atas 39 derajat celcius. Berikut ini jenis-jenis paru-paru basah berdasarkan penyebab umumnya:

Pneumonia akibat bakteri

Penyakit ini menyerang segala usia dan dapat berkembang usai sakit pilek atau flu yang parah. Selain karena Streptococcus pneumoniae, bakteri penginfeksi lainnya adalah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia. Bakteri Pneumocystis jiroveci terkadang dapat ditemukan pada penderita HIV/AIDS yang  mengalami mengalami penurunan sistem imunitas sehingga tubuh penderita sudah tidak mampu melawan infeksi.

Pneumonia akibat mikroplasma

Walau mikroplasma tidak tergolong bakteri dan virus, tapi organisme ini memiliki sifat kedua-duanya. Mikroplasma merupakan agen terkecil penyebab penyakit paru-paru basah ringan yang biasanya menyerang anak-anak dan dewasa muda.

Pneumonia akibat virus

Pada banyak kasus, infeksi virus terhadap sistem pernapasan dapat menjadi pemicu paru-paru basah yang sering menyerang anak-anak dan lansia. Virus flu dapat memperparah kondisi pneumonia, terutama jika terjadi pada ibu hamil, penderita gangguan jantung, dan paru-paru. Kondisi ini juga data diperparah jika terdapat bakteri yang menyerang tubuh.

Pneumonia tipe lain

Penyakit pneumonia tipe lain sering kali menyerang sistem imun inang yang terganggu atau individu yang dengan penurunan kinerja sistem imun. Jenis pneumonia tipe lain adalah pneumonia pneumocystis carinii yang umumnya menyerang pengidap human immunodeficiency virus atau HIV/AIDS dan tuberkulosis.

Cara Mencegah Paru-Paru Basah

Pencegahan paru-paru basah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.  Misalnya, dengan tidak merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Namun tidak hanya itu, masih ada tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menjaga kebersihan demi menangkal penyebaran kuman. Mencuci tangan secara rutindemi menghindari penularan kuman dari orang yang satu ke lainnya atau ke benda yang disentuh.
  • Buanglah tisu atau alat pembersih lain yang memungkinkan kuman-kuman dapat tumbuh serta menyerang mulut dan hidung manusia
  • Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan ketika bersin.

Konsultasikan kepada dokter jika kesehatan Anda menurun karena gejala paru-paru basah. Segera periksakan diri Anda kepada dokter jika mengalami gejala paru-paru basah, seperti nyeri dada, sering merasa linglung, dan sesak napas.

Radang Paru-paru

Penyakit Paru-Paru

Radang paru-paru merupakan salah satu penyakit paru-paru yang menular. Seseorang bisa terkena penyakit ini karena adanya infeksi pada paru-paru.

Tentu saja infeksi yang terjadi pada paru-paru ini bisa menyebabkan kondisi paru-paru membengkak serta terjadinya peradangan.

Penyakit radang paru-paru ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus dan juga jamur yang menyerang. Namun, secara umum yang paling sering menyerang paru-paru sehingga mengakibatkan peradangan ialah bakteri Streptococus dan juga bakteri Mycoplasma Penumoniae.

Adapun gejala yang bisa ditimbulkan bila terkena Radang Paru-paru ialah munculnya batuk berdahak hingga mengeluarkan darah. Selain itu ditandai juga dengan munculnya rasa nyeri dan juga sesak pada dada. Adakalanya juga mengalami demam tinggi bahkan hingga menurunkan tingkat kesadaran.

Asma

Tak bisa dipungkiri penyakit paru-paru yangpaling dikenali masyarakat ialah asma atau sesak napas. Asma sendiri merupakan penyakit gangguan pernapasan yang disebabkan oleh adanya penyempitan dan peradangan saluran pernapasan. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan iritasi dan infeksi pada paru-paru.

Terkena asma sendiri bukan hanya disebabkan karena infeksi pada paru-paru saja namun juga bisa disebabkan pemicu yang lain termasukalergen.. dan dalam banyak kasus penyakit asma pemicu asma justru karena alergi terhadap sesuatu, baik itu makanan, minuman, obat tertentu, cuaca dingin, pikiran, ataupun alergen. Alergen sendiri merupan sesuatu pertikel kecil yang bisa terhirup dan menyebabkan penyempitan saluran pernapasan.

Penyakit asma yang diderita setiap orang pun bisa berbeda-beda, hal ini tergantung pada serangan asma yang ada. Namun tentu saja jika menderita asma tidak boleh di biarkan begitu saja. Karena, jika mengalami sesak napas yang cukup berat bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya.

Bronkitis

Penyakit Paru-Paru

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus berfungsi sebagai saluran yang membawa udara dari dan menuju paru-paru. Seseorang yang menderita bronkitis biasanya ditandai dengan munculnya gejala batuk yang berlangsung lama bisa selama satu minggu atau lebih.

Secara umum, bronkitis terbagi menjadi dua tipe, yakni:

  • Bronkitis akut. Kondisi ini umumnya dialami oleh anak berusia di bawah 5 tahun. Bronkitis tipe akut biasanya pulih dengan sendirinya dalam waktu satu minggu hingga 10 hari. Namun, batuk yang dialami dapat berlangsung lebih lama.
  • Bronkitis kronis. Penyakit Bronkitis tipe ini biasanya dialami oleh orang dewasa berusia 40 tahun ke atas. Batuk yang dialami penderita bronkitis kronis dapat berlangsung hingga 2 bulan, dan merupakan salah satu penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Gangguan Bronkitis yang memburuk dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, berpotensi menimbulkan komplikasi berupa pneumonia. Pneumonia adalah peradangan pada satu atau kedua kantung paru-paru.

Pencegahan Bronkitis

Bronkitis dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain:

  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Menjaga lingkungan dari alergen, dan debu
  • Menghindari rokok.
  • Menerima vaksin flu dan pneumonia.
  • Menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan setiap usai beraktivitas.
  • Mengenakan masker untuk menghindari paparan senyawa berbahaya.

Pengobatan Bronkitis

Bronkitis ringan dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kondisinya cukup berat, bronkitis harus diatasi dengan obat-obatan. Untuk membantu pengobatan, disarankan untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Dalam banyak kasus penyakit paru paru baik yang sudah disebutkan diatas ataupun jenis penyakit paru-paru lainnya yang tidak ditangani serius akansangat membahauyakan kesehatan. Terlebih jika sudah menimbulkan komplikasi. Karena itu upaya penyembuhan dengan obat saja terkadang tidak menuntaskan gejala dan kambuhannya.

Untuk itu Anda bisa belajar ilmu penyembuhan dalam program Pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center. Melalui program pelatihan Anda bisa mendapatkan cara–cara melakukan penyembuhan alami berbagai penyakit termasuk penyakit paru-paru dengan Bioenergi Healing. Namun apabila Anda ingin mendapatkan cara penyembuhan alami yang praktis dan efektif tanpa harus mengikuti pelatihan, Anda bisa memanfaatkan Produk Solusi seperti Kapsul Penyembuhan Bioenergi dan produk penyembuhan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INGAT SEHAT ITU MAHAL!

Dan disini anda akan belajar cara Lebih SEHAT, BEBAS stres, dan Lebih PRODUKTIF
secara GRATIS!!!
Ya..Betul-betul Gratis 100%.

Tunggu apa lagi,
segera daftar & bergabung
di Bioenergi Healing
sekarang juga.

DAFTAR DISINI SEKARANG!

Banner-Bioenergi-Healing

Bioenergi Healing
Customer Service

  • Jln. Veteran 153, Yogyakarta
  • 0853 2727 1999
  • (hotline)
    9:00 WIB - 19:00 WIB